Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Raih Posisi 14 di Kualifikasi Assen, Inikah Saatnya Melupakan Rossi?

29 Juni 2019   21:08 Diperbarui: 30 Juni 2019   11:54 0 5 3 Mohon Tunggu...
Raih Posisi 14 di Kualifikasi Assen, Inikah Saatnya Melupakan Rossi?
ada apa denganmu bang Vale (dok.motogp.com)

Valentino Rossi kembali mencatat hasil buruk di kualifikasi MotoGP Assen yang berlangsung di Belanda hari ini. Terseok di 4 seri latihan bebas, ia terpaksa menjalani kualifikasi di Q1 dan nggak berhasil menjadi 2 rider tercepat yang maju ke Q2. Dua rider yang maju ke Q2 adalah Alex Rins dan Pol Espargaro.

Saya nggak tau sih apa masalah yang dialami The Doctor hingga mencatat hasil buruk lagi. Perjalanan Vale di Assen tahun ini dimulai dengan raihan posisi 12 di FP1, posisi 9 di FP2, posisi 14 di FP 3 dan makin turun ke posisi 18 di FP4. Mentoknya ya dapet posisi 14 di kualifikasi.

Musim ini hasil terbaik Vale adalah di seri Argentina dan Amerika di mana ia mendapat podium dua. Hasil balapan terburuknya musim ini adalah di seri Mugello yang ia gagal finis karena jatuh dan seri Barcelona di mana ia disenggol jatuh Lorenzo dan gagal finis lagi. Lorenzo absen balapan kali ini akibat cedera karena jatuh di FP1 kemarin. Ia juga bakal absen di Sachsenring.

minggu yang sulit buat The Doctor (dok.motogp.com)
minggu yang sulit buat The Doctor (dok.motogp.com)
Jika Yamaha dibilang jelek banget motornya, sebenarnya nggak juga. Maverick Vinales di sesi kualifikasi Assen berhasil meraih posisi 2 so dari posisi 2 ini ia akan balapan besok. Grid pertama Assen diisi oleh Fabio Quartaro yang start dari posisi pole, Maverick Vinales start kedua dan Alex Rins start ketiga. Langganan Pole, Marc Marquez kudu puas start dari posisi 4.  

Dilansir dari Crash.net, Vale mengaku ia mempunyai masalah motor utamanya di mana ia membuang waktu 15 menit di pit saat FP1 gara-gara masalah ini. Di sesi latihan bebas selanjutnya Vale bilang ia kesulitan memangkas waktu dengan para rivalnya. Ia merasa tidak nyaman dengan motornya, nggak bisa sekuat yang ia mau dan ia nggak dapet settingan motor yang pas untuk itu.

Masalahnya di settingan jadi yak. Ketika Vale ingin mencoba settingan yang menurut ia terbaik, ternyata sistem elektronik nggak mendukung, jadi ya motor nggak bisa ngacir. Vale menambahkan di trek ini ia bermasalah dengan wheelie dan sayap di motornya membantunya mengatasi masalah itu tapi motornya malah susah dikendarai jadinya. Bingung? Samaaaaaa.

first grid tomorrow (dok.motogp.com)
first grid tomorrow (dok.motogp.com)
Di kualifikasi tadi masalah di motor Vale emang keliatan sik. Motornya susah dibawa ngacir. Jangankan ngelawan Alex Rins yang menggila di Suzuki, ngelawan Pol Espargaro yang bawa motor KTM aja syusye. Nih M1 tuh motor pabrikan apa satelit sik hhhmmmmm....  

Tahun lalu Vale finis kelima di Assen dan tahun 2017 ia menang di Assen. Sebenarnya Vale memang menyukai trek Assen. Namun dengan kondisi sekarang nampaknya sulit mengulangi kemenangan di Assen. Finis top 5 aja udah syukur kan.Valentino Rossi kini ada di posisi 5 klasemen sementara dengan raihan 72 poin. Marquez memuncaki klasemen dengan 140 poin.  

Hasil buruk ini membuat orang menganggap Vale udah bosan balapan dan mau pensiun aja. Well.. Vale masih terikat kontrak untuk balapan dengan Yamaha sampai tahun 2020 ya. Jadi nggak segampang itu pensiun. Lagian hasil buruk Vale nggak seburuk hasilnya Jorge Lorenzo yang terseok-seok mengendarai Honda yekan (dikeplak fans Lorenzo).

Yang pasti sik saya masing ngarep babang Vale meraih hasil bagus di balapan besok. Yaaaa finis 5 besar aja udah mayan banget. Moga sih besok Vale dapet settingan pas yak... jangan sampe terpuruk lebih buruk.. dan membuat penikmat balapan MotoGP melupakan seorang Valentino Rossi.

klesemen sementara MotoGP 2019 (dok.motogp.com)
klesemen sementara MotoGP 2019 (dok.motogp.com)