Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Marc Marquez Juara MotoGP Le Mans, Ini Jadi Kemenangan Ke-300 Honda

19 Mei 2019   21:53 Diperbarui: 20 Mei 2019   10:43 0 8 5 Mohon Tunggu...
Marc Marquez Juara MotoGP Le Mans, Ini Jadi Kemenangan Ke-300 Honda
Podium Le Mans 2019 (dok.motogp.com)

Keluarga Marquez lagi happy banget hari ini. Setelah Alex Marquez memenangi Moto2 seri Le Mans Perancis, Marc Marquez juga memenangi kelas MotoGP di seri Le Mans yang digelar hari ini, Minggu (19/05). Marquez mendominasi balapan dan susah untuk ditandingi. Kemenangan Marquez sekaligus menjadi kemenangan Honda ke-300 di kelas Premier. Pestanya nambah, nih.

Sementara podium kedua diisi oleh Andrea Dovizioso dan podium 3 diisi oleh Danillo Petrucci. Miller yang sempet melawan Marquez finis di posisi 4 dan Valentino Rossi finis kelima. Vinales sendiri ketiban apes karena crash dan terpaksa out dari balapan. Nasib buruk juga dialami oleh Jorge Lorenzo yang finis ke-11. Masih belom berhasil beradaptasi nih Lorenzo sama Honda.

Jalannya Balapan

Balapan berlangsung sebanyak 27 lap dengan cuaca yang mendung. Motor kedua disiapkan di garasi jaga-jaga harus flag-to-flag. Karena trek dingin, rata-rata pembalap menggunakan ban soft untuk ban depan dan belakang. Kecuali Takaaki Nakagami yang menggunakan medium untuk ban depan dan soft untuk belakang.

saat race.. awalnya sik seru (dok.motogp.com)
saat race.. awalnya sik seru (dok.motogp.com)
Marquez memulai balapan dari pole, sekaligus menyamai jumlah pole-nya Rossi. Petrucci start dari posisi dua dan Jack Miller start dari posisi tiga. Di posisi 4 dan 5 ada Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi. Selepas start, Petrucci melesat namun Marquez menyusul cepat. Marquez memang sempurna kalo start. Joan Mir absen balapan gara-gara jatuh saat warm-up lap sebelum start.

Lap kedua Petrucci overtake Marc tapi Marc melawan. Posisi pimpinan balapan masih di tangan Marc. Vale naik ke posisi empat. Lap ketiga Vale coba lewati Miller namun belum berhasil. Miller malah berhasil lewati Petrucci buat posisi dua. Dovi di belakang Vale makin memangkas jarak ke Vale. Bahaya dah.

Lap keempat Miller catat fastest lap 1:32:943. Dovi melihat ada celah overtake Vale dan yakkk ia berhasil. Vale turun kelima sekarang. Lap kelima Miller yang makin nempel ke Marc melihat celah juga buat menyalip.. ia gaspol dan smooth banget overtake Marc buat posisi satu. Vale pun naik lagi ke posisi empat setelah mengalahkan Dovi. Etapi nggak lama Dovi overtake lagi.

The Doctor belum beruntung (dok.motogp.com)
The Doctor belum beruntung (dok.motogp.com)
Lap enak Marc head to head lawan Miller. Nggak rela Marc diasapi sama Australian rider ini. Entah kenapa Petrucci turun beberapa posisi. So top 4 saat ini adalah Miller, Marc, Dovi dan Vale. Lap kedelapan.. Marc berhasil overtake Miller, Marc memimpin balapan sekarang. Bagnaia dan Vinales crash di lap ini.

Lap sembilan Dovi ancam Miller buat posisi dua. Sementara Vale juga dapet ancaman dari Petrucci. Petrucci nampak getol banget pengen mengalahkan The Doctor. Lap ke-13 menjadi lap yang sial buat Vale karena dibalap Petrucci dengan mudah. Nggak ada perlawanan pun ckckckckck. 

Sementara Miller di posisi dua juga menjauh dari Marc. Nih ya kadang Miller suka PHP emang. Di barisan belakang ada Fabio Quartararo yang overtake Alex Rins buat posisi 10.

Lap ketujuhbelas Dovi finally pass Miller for 2 dan saya nyaris ketiduran. Di belakang Quartararo berhasil naik posisi ke-9 setelah kalahkan Jorge Lorenzo. Marquez di depan makin jauh dan jauh aja. Takaaki Nakagami crash dan out dari balapan. Lap ke-20 Petrucci lewati Miller buat posisi tiga. Posisi saat ini adalah Marc, Dovi, Petrucci, Miller, Rossi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2