Ya Yat
Ya Yat Penulis

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Marc Marquez Juara MotoGP Jerez, Rossi Hanya Mampu Finish ke-6

5 Mei 2019   22:05 Diperbarui: 6 Mei 2019   04:00 221 4 4
Marc Marquez Juara MotoGP Jerez, Rossi Hanya Mampu Finish ke-6
yang ceria di podium Jerez (dok.motogp.com)

Marc Marquez menjadi juara MotoGP seri Jerez yang berlangsung di Spanyol hari ini. Memulai balapan dari posisi 3, Marquez tidak tertandingi sejak lepas start. Hasil ini menutup dominasinya sepanjang akhir Minggu di Jerez. Namun hasil Jorge Lorenzo malah jelek banget. Lorenzo harus puas finis ke 12.

Valentino Rossi melakukan balapan yang sulit di Jerez. Memulai balapan dari posisi 13, The Doctor hanya mampu finis keenam. Yaaa memang minggu yang sulit buat Valentino Rossi. Berbeda dengan Maverick Vinales yang meraih podium 3. Alex Rins melengkapi dengan berdiri di podium dua.

Jalannya Balapan
Balapan berlangsung 25 lap. Fabio Quartararo start dari posisi pole dan menjadi rider termuda yang pernah meraih pole position. Menumbangkan rekor Marc Marquez. Lepas start, Marquez melakukan start sempurna dan langsung ngacir ke depan. Vale sempat berada di posisi 10 tapi turun lagi ke posisi 11.

Rins emang keren (dok.motogp.com)
Rins emang keren (dok.motogp.com)
Lap keempat Quartaro yang ada di posisi tiga mencatat fastest lap 1:38:330. Morbidelli yang start dari posisi 3 lepas start naik ke posisi dua dan mengejar Marquez. Lap keenam Dovizioso bersaing berebut posisi 5 dengan Alex Rins. Dovi kalah dan turun ke posisi 6.

Lap keenam Vale berusaha lewati Miller buat posisi 9. Bagnaia crash di tikungan 2. Pada balapan Moto2, tikungan 1 dan 2 mengambil banyak korban termasuk pembalap Indonesia Dimas Ekky. Moto2 sampai red flag. Namun syukurlah para pembalap tak ada yang mendapatkan cedera serius.

Lap kedelapan Rins mencatat fastest lap 1:38:197. Sementara Marquez ngacir hingga terpaut 1.150 detik dari Morbidelli. Quartararo di posisi 3 terpaut 0.469 detik dengan Vinales yang ada di posisi empat. Lap kesebelas Quartararo lewati Morbidelli buat posisi dua. Alex Rins lewati Vinales buat posisi 4. Marquez kembali mencatat fastest lap di 1:38:181.

balapan yang sulit buat The Doctor (dok.motogp.com)
balapan yang sulit buat The Doctor (dok.motogp.com)
Ekstremnya Marquez, ia menikung dengan lean angle 60 derajat di kecepatan 170 km per jam. Don't try this at home ya. Lap keempat belas disaster buat Quartararo. Selagi di posisi dua, motornya malah mengalami problem dan ia terpaksa balik ke pit. Bukan hasi akhir yang bagus untuk Quartararo. Posisi 3 adalah Marquez, Morbidelli dan Alex Rins.

Lap kesembilanbelas, Vale berusaha lewati Miller buat posisi delapan. Morbidelli kena apes juga. Entah kenapa ia meluncur jauh ke posisi 7. Vale berhasil lewati Miller juga Crutchlow.Vale di posisi enam sekarang. Joan Mir jadi pembalap berikutnya yang jatuh dan out dari balapan. Miller menyusul jatuh juga.

Vinales akhirnya podium (dok.motogp.com)
Vinales akhirnya podium (dok.motogp.com)
Posisi top 3 adalah Marquez, Alex Rins dan Vinales. Dovizioso di posisi 4 berusaha lewati Vinales namun Vinales cerdas menutup racing line. Tak ada perubahan sampai finis. Marquez menang, diikuti Alex Rins dan Vinales. Dovizioso yang kehabisan waktu menyalip kudu puas finis keempat.. Petrucci dan Vale menyusul kemudian.

Secara keseluruhan balapan berlangsung datar dan tanpa drama. Untuk balapannya sore, kalo dinihari lagi lumayan bikin ngantuk. So berikut ini hasil MotoGP seri Jerez dan posisi klasemen sementara :

hasil selengkapnya seri MotoGP Jerez (dok.motogp.com)
hasil selengkapnya seri MotoGP Jerez (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2019 (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2019 (dok.motogp.com)