Ya Yat
Ya Yat Penulis

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Marquez Gagal Finis dan Alex Rins Juara MotoGP Amerika

15 April 2019   04:59 Diperbarui: 15 April 2019   07:07 264 4 4
Marquez Gagal Finis dan Alex Rins Juara MotoGP Amerika
Yang happy di podium (dok.motogp.com)

Marc Marquez gagal finish di balapan seri Austin yang baru berakhir. Dominasinya di sirkuit Austin berakhir sudah. Ia jatuh di tikungan 12, jatuh karena kesalahan sendiri dan tidak karena sedang bertarung head to head dengan rider lain. Yang jadi pemenang seri ini adalah Alex Rins, setelah memenangi pertarungan dengan Valentino Rossi.

Rins merupakan rider yang berbakat. Kemenangannya di Austin membuat Suzuki patut dianggap sebagai ancaman. Tahun ini Suzuki punya Alex Rins dan Joan Mir. Kalo Suzuki mampu terus mengembangkan motornya, bukan tak mungkin kita akan sering melihat rider Suzuki wara-wiri di podium.

Valentino Rossi terus mencatat hasil positif. Kalah dengan Rins di lap-lap akhir. Namun sayang team mate Vale, gagal masuk 10 besar. Maverick Vinales hanya mampu finish ke 11. Hasil jelek ini salah satunya karena ia harus ride through penalty gara-gara jump start.

Umur 40 tahun dan masih mampu podium (dok.motogp.com)
Umur 40 tahun dan masih mampu podium (dok.motogp.com)
Jalannya Balapan

First row di seri Amerika ini adalah Marc Marquez, Valentino Rossi dan Cal Crutchlow. Balapan melahap 20 lap di bawah cuaca yang sangat cerah. Padahal di hari pertama free practice sempat  terkendala hujan deras. Vale memakai ban medium depan dan medum belakang.

Selepas start Marc langsung merangsek ke depan dan memimpin balapan. Ia mencatat fastest lap 2:045:29. Vale menyusul di belakangnya. Crutchlow di posisi ketiga mendekati The Doctor. Para pembalap bersaing meraih posisi. Lap kelima Marc catat fastest lap lagi di 2:042:77.

Lap 6 Joan Mir masuk pitlane buat Ride Through penalty. Ia terlihat kesal. Vinales juga masuk pitlane setelah Mir. Crutchlow diprediksi naik podium sayangnya Ia jatuh di tikungan dan out dari balapan. Vale sementara aman dari kejaran lawan. Namun Miller dan Rins berangsur mendekat.

Marc gagal finis (dok.motogp.com)
Marc gagal finis (dok.motogp.com)
Miller ambil ancang-ancang overtake Vale. Di lap ketujuh posisi top 4 sementara adalah Marc, Vale, Miller dan Rins. Di barisan belakang ada Morbidelli bersaing dengan Dovi berebut posisi 5. Lap kesembilan nampaknya Marc akan meraih kemenangan dengan mudah tapi ketika memasuki tikungan ke 12 ia kehilangan kontrol pada motornya saat menikung dan nggelosor ke gravel.

Marc berusaha bangkit, menyalakan motornya, tapi motor tak mau nyala. Austin selesai untuk Marc. Santi Hernadez terlihat shock di garasi. Jatuhnya Marc membuat Vale jadi pemimpin balapan. Diikuti oleh Miller dan Rins. Ternyata Lorenzo juga ikutan out dari balapan. Bukan karena jatuh sih tapi karena technical problem.

Lap kesebelas Rins yang berhasil overtake Miller, mengejar Vale dan mengajaknya bertarung. Makin lama makin nempel aja dia. Di lap-lap akhir cukup tegang sik melihat Rins makin menempel ketat Vale. Nampaknya posisi Vale akan segera diambil alih oleh Rins. Cara balapan Rins sungguh smooth dan clean. Nggak grasa grusu kayak yang jatuh itu. Ia mengikuti Vale dan sabar mencari celah untuk menyalip. Rins agak tenang karena jaraknya dengan Miller cukup jauh.

Crutchlow, diprediksi podium tapi jatuh (dok.motogp.com)
Crutchlow, diprediksi podium tapi jatuh (dok.motogp.com)
Di 4 lap tersisa Rins dengan mudah membabat Vale di tikungan dan ganti memimpin balapan. Garasi Suzuki bersorak tapi eits balapan belum selesai. Dengan tekun Rins melahap lap akhir dengan tak membuat kesalahan. Ia ingin menang. Meski Vale setia membuntuti tapi  ia tak bisa menyalip Rins karena Rins menutup racing line dengan cerdas.

Dannnn... begitulah hingga akhir balapan. Rins menjadi juara, Vale kedua dan Miller ketiga. Sebuah akhir yang menggembirakan buat semuanya meski saat Vale diwawancara ia bilang rada kecewa karena nggak juara, Nggak apa-apa ya Vale.. juara lagi di race selanjutnya. Berikut ini hasil selengkapnya seri Amerika :

Hasil seri Amerika (dok.motogp.com)
Hasil seri Amerika (dok.motogp.com)
Klasemen sementara MotoGP 2019 (dok.motogp.com)
Klasemen sementara MotoGP 2019 (dok.motogp.com)