Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Andrea Dovizioso Menangi Balapan Penuh Drama di MotoGP Valencia

19 November 2018   00:31 Diperbarui: 19 November 2018   04:19 1506 7 5
Andrea Dovizioso Menangi Balapan Penuh Drama di MotoGP Valencia
yang happy di podium Valencia (dok.MotoGP)

Andrea Dovizioso jadi rider yang menutup musim MotoGP 2018 dengan kemenangan. Dovizioso menang di balapan seri Valencia yang berlangsung 18 November 2018. Balapan Valencia sempat terhenti karena red flag, akibat hujan dan kondisi trek yang tidak aman. Sebelumnya banyak pembalap top berjatuhan.

Alex Rins dan Pol Espargaro menemani Andrea Dovizioso dengan berdiri di podium 2 dan 3. Sementara Valentino Rossi yang mendapat hasil kualifikasi yang buruk, sempat berada di posisi 3, namun ia jatuh di 4 lap tersisa dan finis ke 13. Meski finis hampir di buntut, Vale mengunci posisi 3 di klasemen akhir karena saingan terdekatnya, Maverick Vinales, jatuh dan pulang dari Valencia tanpa poin.

Seri Valencia memang menjadi seri yang penuh dengan drama. Seri ini akan dikenang sebagai penutup musim yang tak terlupakan. Selain drama di balapan, seri Valencia menjadi akhir karir bagi Dani Pedrosa yang pensiun dari dunia balapan. Juga menjadi seri perpisahan bagi Scott Redding dan Alvaro Bautista. Nggak terasa.. MotoGP musim 2018 sudah berakhir.

Dovizioso, menutup musim MotoGP 2018 dengan manis (dok.MotoGP)
Dovizioso, menutup musim MotoGP 2018 dengan manis (dok.MotoGP)
Jalannya balapan

Balapan sebanyak 27 lap diputuskan wet race karena trek basah dan awan gelap masih menggantung di atas sirkuit. Maverick Vinales memulai balapan dari posisi pole, sementara Valentino Rossi start dari posisi 16. Saat kualifikasi emang The Doctor seperti nggak minat mencetak lap times yang lebih bagus. Dalam pernyataannya, The Doctor bilang kualifikasi kemarin emang berat untuknya. Sebuah pernyataan yang "sungguh biasa".

Rins langsung ngacir di depan selepas start, Vale merangsek ke posisi 10. Dovizioso lewati Vinales buat posisi 2. Vale naik lagi ke posisi 8 nyaris berbarengan dengan Pol Espargaro yang lewati Marc Marquez buat posisi 4. Vinales yang melambat, terpaksa turun ke posisi 5 setelah dilewati oleh Pol Espargaro dan Marquez. Aleix Espargaro jatuh dan out dari balapan.

Lap keempat Marc lewati Pol buat posisi 3, top 3 saat ini adalah Rins, Dovi dan Marc. Rins catat fastest lap 1:41:971. Vinales turun lagi ke posisi 7, nampaknya motornya mulai kumat. Lap ke 5 Vale lewati Vinales dengan mudah. Vale dan Vinales sedang bersaing berebut posisi 3 klasemen akhir. Beda poin Vale ke Vinales cuman 2 poin. Jack Miller carsh di lap ini.

The Doctor gagal podium (dok.MotoGP)
The Doctor gagal podium (dok.MotoGP)
Lap keenam, Vale  naik lagi ke posisi enam. Posisi saat ini adalah Rins, Dovi, Marc, Pol, Petrucci dan Vale. Lap ketujuh, disaster buat rider-rider Ducati, Michele Pirro dan Petrucci crash. Trek emang basah dan licin. So para rider jatuh karena kehilangan kontrol pada ban, bukan jatuh karena salip-salipan. Next.. Pol Espargaro jatuh juga, namun ia bangkit dan balik ke trek.

Lap kedelapan, giliran Marc yang kehilangan kontrol dan jatuh jungkir balik ke gravel. Ia terlihat kesakitan memegangi bahunya. Marc memang sedang mengalami cedera dislokasi bahu. Cederanya kumat saat ia jatuh di sesi kualifikasi.

Namun pas kualifikasi kemarin, Marc ngacir ke trek lagi walau ia sudah jatuh berguling-guling. Kali ini ia tak menyerah dan balik ke garasi. Toh gelar juara dunia sudah di tangan, so menjaga kondisi bahu lebih penting ketimbang melanjutkan balapan yang berpotensi membuat cederanya makin parah.

Jatuhnya Pol dan Marquez serta Petrucci membuat Vale naik ke posisi 3. Trek Valencia masih memakan korban. Iannone jatuh di 19 lap tersisa. Suzuki hanya menyisakan Alex Rins buat bertarung di Valencia. Vinales yang baru aja menikmati posisi 4 karena di depannya banyak pembalap yang jatuh, harus menjadi rider berikutnya yang mencium aspal trek Valencia. Valencia selesai buat Vinales, ia harus berikan posisi 3 klasemen pada The Doctor.

Marquez gagal finis (dok.MotoGP)
Marquez gagal finis (dok.MotoGP)
16 lap tersisa, Vale yang mulai nyaman dengan motornya mendekati Dovizioso dan memberikan ancaman. Lagi-lagi.. ada pembalap yang jatuh. Morbidelli dan Bradley Smith menjadi rider yang menambah daftar pembalap yang jatuh di seri ini. Race emang jadi horor bener. Rins melakukan kesalahan dengan melambat hingga mampu dilewati Dovizioso dan Vale dengan mudah.

Vale mencoba lewati Dovi namun Dovi melawan. Posisi saat ini adalah Dovizioso, Vale dan Alex Rins. Hujan yang sebelumnya turun rintik-rintik berangsur turun lebih deras. Air menggenang di beberapa bagian trek. Race Director melihat kondisi ini daannnnn memutuskan menghentikan balapan sementara, daripada membahayakan para pembalap. Bendera merah dikibarkan.. red fag.. race dihentikan.

Sebenarnya race baru boleh dihentikan secara total kalo sudah menjalani lap dari jumlah lap di dalam satu seri. Artinya, di Valencia, race total boleh berhenti setelah lap ke 20.

Karena itu, balapan dilanjutkan, melahap 14 lap tersisa. Setelah melihat kondisi trek, Race Direction memutuskan balapan dimulai lagi jam 15.00 local time atau jam 21.00 WIB dengan posisi pembalap sesuai posisi saat red flag dikibarkan. Artinya.. Alex Rins start dari posisi 1, Dovi dari posisi 2 dan Rossi dari posisi 3.

Dapet gelasr Legend of MotoGP .. thank you Dani (dok.MotoGP)
Dapet gelasr Legend of MotoGP .. thank you Dani (dok.MotoGP)
Hujan sudah mereda dan para marshal mengusir genangan air dari trek. Safety car wara-wiri di trek mengecek kondisi trek. Menjelang jam 21.00 WIB para pembalap keluar garasi dan menuju ke grid. Ada 16 rider yang ikutan di balapan setelah red flag ini. Balapan melahap 14 lap tersisa. Lepas start.. Rins melakukan start sempurna dan ngacir ke depan.

Menjelang 13 lap tersisa, Dovi lewati Rins buat posisi 1. Vale dekati Rins bersiap ambil alih posisi dua. Rins ancam Dovi tapi Dovi melawan. Pedrosa lewati Pol Espargaro buat posisi 4. 11 lap tersisa, Vale makin deket aja ke Alex Rins. Lin Jarvis dan crew Yamaha tegang di garasi, saya juga.

Dovi mencatat fastest lap 1:41:921. Sembilan lap tersisa, Dovi ngacir dan catat fastest lap 1:41:863. Vale berhasil lewati Rins buat posisi dua. Pol yang berhasil lewati Pedrosa lagi membuat posisi saat ini adalah Dovi, Vale, Rins, Pol, Pedrosa dan Pirro.

8 lap tersisa, gap Dovi ke Vale adalah 1,598 detik. Lalu menjauh jadi 1,873 detik. Pirro lewati Dani buat posisi 5. Dovi gaspol hingga mencapai top speed 307 km perjam dan menikung dengan sudut miring 46 derajat di kecepatan 170 km per jam. Sadissss. 6 lap tersisa, gap Vale ke Rins 0,987 detik. Pol Espargaro di posisi 4 gaspol hingga 302 km per jam.

The Doctor will be back (dok.MotoGP)
The Doctor will be back (dok.MotoGP)
4 lap tersisa.. disaster buat Valentino Rossi. Ia kehilangan kontrol pada ban depan dan nggelosor ke gravel. Namun ia bangkit dan segera balik ke trek. Untung motornya masih bisa dinyalakan (jatuh tapi masih untung yak). Angka 4 jadi momok buat Vale. Di Sepang kemarin ia juga jatuh di 4 lap tersisa. Vale re-join dan masuk di posisi 13.. di belakang Lorenzo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2