Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Maverick Vinales Berjaya di MotoGP Phillip Island, Marquez Gagal Finis

28 Oktober 2018   14:45 Diperbarui: 28 Oktober 2018   19:09 1909 5 3
Maverick Vinales Berjaya di MotoGP Phillip Island, Marquez Gagal Finis
Vinales bikin Yamaha akhiri puasa kemenangan (dok.motogp.com)

Akhirnya Maverick Vinales membuat Yamaha mengakhiri puasa kemenangan. Vinales memenangi MotoGP seri Phillip Island yang berlangsung hari ini di Australia. Yamaha menyambut Vinales dengan sukacita di garis finis setelah ia memimpin hampir di sepanjang balapan. Sekedar mengingat, Yamaha terakhir kali menang di seri belanda tahun 2017.

Juara Dunia MotoGP 2018 Marc Marquez terpaksa mengakhiri seri Phillip Island tanpa poin setelah gagal finis. Ia terpaksa balik ke pit setelah motorny mengalami kerusakan gara-gara disundul Johann Zarco yang akhirnya jatuh terguling-guling di gravel. Thank God ia nggak mengalami cedera walau jatuh separah itu.

Jalannya balapan

Balapan berlangsung dalam 27 lap dengan cuaca yang cerah, berbeda dengan sesi kualifikasi yang mendung. Marc Marquez memulai balapan dari pole position diikuti Maverick Vinales di grid kedua dan Johann Zarco di grid ketiga. Valentino Rossi memulai balapan dari posisi 7.

Iannone happy di podium dua (dok.motogp.com)
Iannone happy di podium dua (dok.motogp.com)
Selepas start, Petrucci yang start dari posisi kedelapan nyasar ke gravel. Ia balik lagi ke trek. Jack Miller nggak mau mengecewakan publiknya, ia ngacir memimpin balapan. Namun Marc Marquez segera ambil alih posisi. Lap ketiga Petrucci mencatat fastest lap 1:30:744. Ian juga mencatat fastest lap. Top 3 saat ini adalah Marquez, Dovizioso dan Miller.

Lap kelima Dovi catat fastest lap 1:30:129. Vinales dan Rins terlibat sedikit kontak tapi nggak sampe bikin keduanya terjatuh. Zarco lewati Ian buat posisi 4. Marc turun ketiga setelah dilewati Dovi dan Miller. Dovi sementara memimpin balapan.

Lap keenam disaster buat Zarco. Saat ingin lewati Marquez, ia menyenggol bumper motor Marc. Zarco dan motornya terbanting ke gravel, Zarco sempat terguling-guling hingga beberapa meter. Ia berdiri dan berjalan menyingkir dari gravel. Tak ada cedera yang menimpanya. Sungguh crash yang bikin shock.

Sebenarnya bukan salah Marc juga sik. Marc nggak liat saat Zarco datang. Marc ada di racing line nya dan Zarco memaksa masuk. Mestinya sih Zarco menahan motornya dulu. Akibat disundul Zarco, motor Marc bermasalah. Jok motornya terlihat goyang dan ini berbahaya kalo ia meneruskan balapan. Toh ia sudah meraih gelar juara dunia pun.

Marquez tanpa poin (dok.motogp.com)
Marquez tanpa poin (dok.motogp.com)
Keluarnya Marc membuat Vinales ganti memimpin balapan. Lap kedelapan, Vale naik keempat setelah lewati Miller. Lap kesembilan  Vale naik lagi ke posisi dua setelah lewati Dovizioso. Vinales catat fastest lap 1:29:924. Iannone lewati Dovi buat posisi 3. Top 3 saat ini adalah Vinales, Vale dan Iannone.

Lap kesebelas Vinales gaspol hingga mencatat fastest lap 1:29:632. Jarak Vinales dengan Vale adalah 1.303 detik. Lap keduabelas Bautista yang balapan menggantikan Jorge Lorenzo yang masih cedera duel dengan Dovizioso berebut posisi 4. Oh ya selain Lorenzo, Cal Crutchlow juga nggak balapan kali ini. Apes menimpa Dani Pedrosa yang jatuh dan terpaksa out dari balapan. Nol poin buat pabrikan Honda.

Iannone overtake Vale buat posisi dua. Vale turun ketiga. Lap 13 Iannone membuat kesalahan dan turun ke posisi 5. Top 3 saat lap kelimabelas adalah Vinales, Vale dan Bautista. Jarak Vinales cukup jauh di depan. Sementara Vale berada di bawah ancaman Bautista yang makin deket aja.

Lap keenambelas nightmare buat Vale yang kena diovertake Bautista dan Dovi sekaligus. Vale turun ke posisi 4. Posisi Vale makin tak aman karena di belakang ada Iannone yang datang mendekat. Gampang saja Iannone lewati Vale buat posisi 4. Kayaknya motor Vale mulai kumat.

Finis keenam biarin aja (dok.motogp.com)
Finis keenam biarin aja (dok.motogp.com)
Lap kedelapan belas Dovi lewati Bautista buat posisi 2. Dovi, Bautista dan Iannone masih saling menempel ketat dan Ian sukses menyalip Bautista buat posisi tiga. Lap kesebelas rider Malaysia yang lagi bersaing menyabet Best Rookie, Hafizh Syahrin, jatuh dan out dari balapan. Padahal poin di Phillip Island penting untuk dirinya yang sedang bersaing dengan Morbidelli.

Tinggal 7 lap tersisa Iannone kembali melakukan kesalahan dan turun ke posisi 4. Vale naik kedua setelah lewati Dovi. Hanya sebentar saja pemirsaaaa dan Vale turun lagi ke posisi 5. Aki-aki labil zzzzzzz. 6 lap tersisa Rins memaksa Vale turun ke posisi 6. Posisi sekarang adalah Vinales, Dovi, Bautista, Iannone, Rins dan Vale.

Iannone yang insyaf dari kesalahannya overtake Dovizioso dan Bautista. Iannone kedua sekarang. Cuman kalo ia membuat kesalahan lagi, Davide Brivio pasti akan banting botol oli di garasinya. 4 lap tersisa Pol Espargaro terlihat kesal dan menendang ban motornya di pit. Ia out dari balapan.

Podium 3 nggak apa apa (dok.motogp.com)
Podium 3 nggak apa apa (dok.motogp.com)
Kala balapan tersisia 3 lap  gap Vinales yang kokoh di posisi terdepan ke Iannone di posisi 2 terpaut 1,2 detik. Vale dan Rins bersaing berebut posisi 5. Persaingan sementara dimenangkan oleh Vale. Last lap.. Dovi menyerang Iannone buat posisi 2. Suzuki cukup kuat di Phillip Island. Ia sanggup melawan Ducati dan Yamaha. Nice.

Garis finis di depan dannnnn Vinales menyentuh garis finis dengan sukacita. Iannone mempertahankan posisinya dan dapet podium dua. Dovizioso menyusul dan happy meraih podium 3. Bautista finis keempat. Vale terpaksa harus puas finis ke 6 setelah diovertake Rins di detik terakhir.

Minggu depan adalah seri Sepang Malaysia, kabarnya sik Jorge Lorenzo akan absen balapan lagi. Tonggal dua seri tersisa di musim MotoGP 2018. Berikut adalah hasil selengkapnya MotoGP seri Phillip Island dan posisi klasemen sementara :

Hasil race Philip Island (dok.motogp.com)
Hasil race Philip Island (dok.motogp.com)
Klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)
Klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)