Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Panasnya MotoGP Assen Belanda dan Rossi Gagal Podium

1 Juli 2018   22:19 Diperbarui: 1 Juli 2018   22:30 965 3 2
Panasnya MotoGP Assen Belanda dan Rossi Gagal Podium
yang happy di podium Assen Belanda (dok.motogp.com)

Balapan Assen Belanda hari ini adalah balapan terseru, tergreget dan terpanas sejak gelaran seri Qatar. Sejak awal balapan sampai akhir balapan saling overtake saling senggol tak  berkurang. Hasil balapan tadi adalah Marc Marquez memenangi balapan seri Belanda, Alex Rins menempati podium dua dan Maverick Vinales berdiri di podium tiga.

Tumben sih ya ada pembalap Suzuki di podium, tapi kalo melihat kiprah Rins di balapan tadi, dia memang pantas berdiri di podium. Balapannya keren. Dia mampu mengalahkan Dovizioso dan Valentino Rossi. Eh iya.. babang The Doctor finish kelima hari ini. Padahal dia bisa podium kalo aja nggak melebar. Terus Lorenzo... eh di mana Lorenzo? Mau tau? Baca terus dong.

Jalannya balapan

Balapan terdiri dari 26 lap. Marc Marquez start dari posisi pole.Cal Crutchlow posisi dua dan Valentino Rossi posisi 3. First row yang menjanjikan. Selepas start, Lorenzo merangsek ke depan. Marc mengejar dan keduanya side by side. Tapi Lorenzo masih memimpin balapan.

menang lagi (dok.motogp.com)
menang lagi (dok.motogp.com)
Vale ketiga, merapat ke Marquez. Marquez melihat celah menyalip Lorenzo. Sukses Marquez memimpin balapan sekarang. Lap ketiga Lorenzo ganti membalas tapi tidak berhasil. Para pembalap masih rapat di belakangnya. Ada kali 10 pembalap. Lap keempat Marc catat fastest lap 1:34:474.

Lorenzo berhasil lewati Marc tapi Marc ngotot, keduanya side by side dan Lorenzo bisa pertahankan posisi. Marquez kedua dan sukses dilewati Vale. Marquez ketiga tapi kudu waspada karena Dovizioso mengancam di posisi 4. Lap kelima Vale kejar Lorenzo di depan. Pertempuran klasik nampaknya akan terjadi dan yessss Vale hampir kehilangan kontrol, ia menyenggol bagian belakang motor Lorenzo. Untung keduanya nggak jatuh.

Lap keenam Dovi lewati Marc buat posisi tiga tapi sedetik kemudian Marc ambil alih posisi tiga lagi. Lap 7 Vinales catat fastest lap 1:34:113. Vale turun ketiga karena kena diovertake Marc. Apesnya Dovi ikut ngebalap juga. Vale keempat sekarang. Dovi yang ngotot, lewati Marc buat posisi dua. Namun Marc masih rapat di belakang.

Lap kesembilan, Vale yang melambat kena overtake Rins. Vale turun kelima. Rins naik lagi setelah lewati Dovi buat posisi tiga. Balapannya bikin orang nggak bisa napes sumpah. Setiap detik perubahan posisi bisa terjadi karena para pembalap begitu rapat dan saling salip.

posisi lima ... nggak apa apa (dok.motogp.com)
posisi lima ... nggak apa apa (dok.motogp.com)
Lap kesepuluh Dovi lewati Rins buat posisi tiga. Dovi kejar Marc sekarang dan bersiap ambil alih posisi dua darinya. Lap kesebelas Dovi turun posisi setelah dilewati Rins dan Vale. Rins yang lagi on fire banget balapan mengajak duel Marc berebut posisi dua. Saking ngototnya Rins sampe terlibat kontak dengan Marquez. Race Director melihat insiden ini dan menyelidikinya namun insiden ini nggak berbuah penalty alias insiden biasa dalam balapan. Rins kedua sekarang.

Lap ketigabelas Vinales lewati Vale buat posisi 5. Sementara itu keribetan terjadi di posisi depan. Entah gimana caranya, Dovi dan Marc lewati Rins. Rins keempat sekarang. Nonton balapan Assen tadi emang nggak boleh ngedip. Mata kedip dikit posisi pembalap udah berubah.

Lap keempatbelas top three adalah Lorenzo, Dovizioso dan Marquez. Tapi Dovi berhasil memimpin balapan setelah duel ducati vs ducati. Kelar diovertake Dovi, Lorenzo turun ketiga setelah dilewati Marc juga. Sadis beuh. Lap ketujuhbelas Vale naik keempat setelah mengalahkan Vinales dan Rins. Di lap ini Lorenzo juga kalahkan Marc buat posisi dua.

tiga pabrikan di podium (dok.motogp.com)
tiga pabrikan di podium (dok.motogp.com)
9 lap tersisa kondisi balapan nggak menurun tensinya, tetep bikin panas dingin. Lorenzo vs Dovi buat posisi 1, senggolan dikit saking ngototnya mereka berdua. Dovi memenangi duel dan sementara memimpin balapan. Lorenzo turun ketiga akibat kena balap Marc juga. Vinales yang ikutan panas, lewati Lorenzo dan Vale. Vinales ketiga sekarang.

8 lap tersisa Vale lewati Lorenzo buat posisi empat. Senggolan terjadi lagi.. dikit doang tapi. Vinales lewati Dovi dan Marquez. Vinales ngacir di depan sekarang. Tapi eiittttt Marc nggak terima, ia babat lagi Vinales. 7 lap tersisa posisi rider adalah Marc, Vinales, Dovi dan Vale. Keempatnya masih rapet aja nggak mau terpisah satu sama lain.

6 lap tersisa Vinales melebar di tikungan. Vale yang panas diasapi membabat Marc dan Dovi sekaligus. Sedetik Vale memimpin balapan tapi kena diovertake Marc lagi. Posisi dua Vale lepas setelah Vinales dan Dovi sukses melewatinya. Vale turun keempat lagi. Tapi aki-aki ini nggak menyerah. Ia naik ketiga setelah mengalahkan Vinales.

Alex Rins.. pantas di podium (dok.motogp.com)
Alex Rins.. pantas di podium (dok.motogp.com)
4 lap tersisa top three adalah Marc, Dovi dan Vale. Gap Marc ke Dovi hanya 0.270 detik. Vinales merapat di posisi empat. 3 lap tersisa Vale lewati Dovi buat posisi dua tapiiiii Vale melebar karena Dovi ngotot overtake balik. Sebuah kesalahan yang nggak perlu dilakukan oleh seorang The Doctor di momen yang krusial. Akibat melebar Vale turun ke posisi 6.

2 lap tersisa, entah darimana datangnya tiba-tiba Rins udah ketiga aja. Ia babat Vinales buat posisi dua. Last lap.. Marc ngacir di depan. Ia menjadi pembalap yang pertama menyentuh garis finis, diikuti Alex Rins dan Vinales. Valentino Rossi menyudahi seri Assen di posisi lima. Demikianlah balapan terpanas sejak Qatar 2018.

Dengan gagal podiumnya Vale, ia juga gagal menjaga momentum kemenangan di Assen. Ia pernah memenangi Assen di kelas premier tahun 2002, 2004, 2005, 2007, 2009, 2013, 2015 dan 2017. Tapi kesalahan emang bisa terjadi di tiap balapan dan bisa dilakukan oleh siapa aja, tak terkecuali seorang Marc Marquez. Lagipula semua yang podium hari ini memang pantas menang. Berikut ini hasil selengkapnya MotoGP seri Assen Belanda dan posisi klasemen sementara MotogP 2018 :

hasil race Assen Belanda (dok.motogp.com)
hasil race Assen Belanda (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)