Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Dani Pedrosa Putus Hubungan dengan Repsol Honda, Jorge Lorenzo Penggantinya

6 Juni 2018   15:30 Diperbarui: 6 Juni 2018   17:25 2753 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dani Pedrosa Putus Hubungan dengan Repsol Honda, Jorge Lorenzo Penggantinya
Dani Pedrosa balapan di tim baru tahun depan (dok.motogp.com)

Hubungan manis Repsol Honda dan Dani Pedrosa yang sudah berlangsung sejak tahun 2006 harus berakhir di akhir tahun 2018. Dani Pedrosa dan Repsol Honda sepakat mengakhiri kontrak panjang mereka yang terjalin bertahun-tahun. Semakin turunnya performa Dani Pedrosa di Repsol Honda diduga menjadi salah satu penyebabnya.

Penyebab lainnya mungkin ada kejenuhan juga di Repsol Honda maupun pada Dani Pedrosa. Honda pengen ada penyegaran di timnya dengan memberikan tandem yang bagus untuk Marc Marquez.

Di sisi lain, Dani ingin mendapat suasana baru yang bisa bikin semangat balapnya tumbuh lagi. Tersirat dari apa yang Dani Pedrosa bilang saat pengumuman perpisahan.

"Dalam hidup kita butuh perubahan dan saya merasa sekarang saatnya saya butuh perubahan".

Dani Pedrosa yang lahir 29 September 1985 bergabung di Honda sejak balapan di kelas 125 cc pada tahun 2006. Di musim pertamanya bersama Honda ini ia ada di peringkat 8 klasemen akhir.

Di tahun 2003 ia menjadi juara dunia di kelas 125 cc bersama Honda. Hasil manisnya berlanjut di 2004 dan 2005 ketika ia menjadi juara dunia kelas 250 cc masih bersama Honda.

Tahun 2006 Dani Pedrosa naik kelas premier yaitu kelas MotoGP. Selama di kelas MotoGP Dani Pedrosa nggak penah jadi juara dunia, tapi ia ada di peringkat 2 klasemen akhir pada tahun 2007, 2010 dan 2012. Peringkat 2 adalah posisi terbaiknya seama di kelas MotoGP.

Sementara hasil terburuknya adalah di tahun 2016 ketika ia menempati peringkat 6 di klasemen akhir. Nggak tau nih tahun ini ia akan menutup musim dengan duduk di peringkat berapa. Selama 6 seri berlangsung di 2018 peringkat sementaranya adalah posisi 8 klasemen sementara.

Formasi tim ini tahun depan berubah (dok.motogp.com)
Formasi tim ini tahun depan berubah (dok.motogp.com)
Sebenernya kalo diliat detail per musimnya, hasil Dani Pedrosa nggak jelek-jelek amat. Dani konsisten menjadi juara seri di tiap musim setidaknya 1 seri dalam satu musim. Ini berlangsung sejak tahun 2002 sampe 2017. Juara seri paling sedikit ia dapatkan di tahun 2014 dan tahun 2016. Sementara kemenangan terbanyaknya di kelas MotoGP terjadi tahun 2012. Secara total, selama berkarir di kelas MotoGP Dani Pedrosa pernah 112 kali podium, punya 31 kali kemenangan, pernah dapet 31 kali pole position.

Pastinya sulit berpisah dengan tim yang udah mendukungnya bertahun-tahun. Dani Pedrosa nggak bisa menyembunyikan kesedihannya ketika mengumumkan perpisahan dengan Repsol Honda. Dilansir dari crash.net Dani bilang Repsol Honda tidak hanya membuat ia tumbuh menjadi seorang pembalap, tapi juga tumbuh sebagai seseorang di dalam tim.

Sementara presiden Honda Racing Corporation Yoshishige Nomura bilang bahwa tim Repsol Honda berterima kasih atas kerja keras Dani Pedrosa selama ini dan berterima kasih atas kerjasama panjang selama 2 dekade. Nggak lupa ia berharap Dani Pedrosa sukses bersama tim barunya nanti. Gosip kencengnya sih bilang Dani Pedrosa akan bergabung dengan tim satelit Yamaha yang disponsori Sepang. Cuman saya belum dapet info detail soal team ini sik. Namanya juga gosip yekan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN