Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Lorenzo Juara MotoGP Mugello, Rossi Gembira di Podium Tiga

3 Juni 2018   23:03 Diperbarui: 4 Juni 2018   02:30 2229 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lorenzo Juara MotoGP Mugello, Rossi Gembira di Podium Tiga
podium Mugello (dok.motogp.com)

MotoGP seri Mugello Itali adalah pesta. Seri Mugello selalu menjadi seri yang spesial karena atraktifnya para penonton di sini. Pesta di Mugello musim ini dimulai pada Sabtu kemarin saat Valentino Rossi meraih pole position pada sesi kualifikasi. Udah lama banget nggak liat The Doctor start dari posisi terdepan. Pole terakhir Vale adalah tahun 2016 di seri Motegi Jepang.

Namun start dari posisi pole tidak menjamin hasil balapan akan bagus juga. Pada balapan seri Mugello yang berlangsung hari ini, Valentino Rossi yang helmnya di desain warna bendera Italia kudu puas meraih podium 3. Sementara pemenang seri Mugello adalah Jorge Lorenzo dan podium dua adalah Andrea Dovizioso. Yap.. Ducati berjaya di Mugello. Lalu.. kemana Marc Marquez yang biasanya langganan menang? Pengen tahu? Baca terus tulisan saya ya.

Jalannya Balapan

Balapan berlangsung dalam 24 lap. Tribun penonton dipenuhi oleh 90.310 orang. Saat start, Lorenzo yang memulai balapan dari posisi kedua melakukan start sempurna dan memimpin balapan. Marquez memulai balapan dari posisi 6 dan ogah di asapi. Ia merangsek ke depan. Ulahnya menyebabkan kontak dengan Petrucci hingga Petrucci melebar. Untung Petrucci nggak jatuh. Insiden ini nggak berbuah penalty.

Lap kedua Dani Pedrosa jatuh dan out dari balapan. Nakagami juga atuh di tikungan dua. Top 3 saat ini adalah Lorenzo, Rossi dan Marquez. Lap ketiga Scott Redding menyusul jatuh. Diikuti oleh Karel Abraham dan Jack Miller. Marquez lewati Vale buat posisi dua. Vale turun ketiga. Lorenzo, Marquez dan Vale menggunakan jenis ban berbeda. Lorenzo menggunakan ban medium dan soft, Marc gunakan hard dan hard serta Vale gunakan hard dan medium.

The Doctor lagi happy (dok.motogp.com)
The Doctor lagi happy (dok.motogp.com)
Lap keempat giliran Thomas Luthi yang jatuh. Sampai lap keenam hanya 18 rider yang bertahan. Di lap keenam ini Marc Marquez kehilangan keberuntungannya. Kehilangan kontrol pada ban mengakibatkan Marc menggelosor ke gravel. Menyadari bahwa poin itu penting, Marc segera bangkit dan dibantu Marshall mendorong motornya kembali ke trek. Ia nyalakan motornya lagi dannnn ngacir lagi. Saya acungi jempol untuk mentalnya Marc.

Jatuhnya Marc menyebabkan Vale naik ke posisi dua tapi eitsss di belakangnya ada Dovizioso yang makin dekat daannn smooth overtaking dari Dovi membuat Vale turun ke posisi tiga. Bahaya buat Vale karena di posisi 4 ada Iannone yang datang mendekat. Lap kesembilan, jarak Lorenzo ke Dovizioso terpaut 0.7 detik dannnnn Iannone sukses overtake Vale buat posisi 3.

14 lap tersisa, Lorenzo makin percaya diri memimpin balapan dan jaraknya dengan Dovizioso makin jauh. Keriuhan terjadi di bagian tengah. Vale mencoba lewati Iannone namun sayang Vale melebar. Dari belakang Petrucci ngacir lewati Ian dan Vale. Petrucci posisi tiga sekarang. Posisi top 3 all Ducati. Keren kan Ducati. 11 lap tersisa Vale berjuang lagi. Ia lewati Ian dan sukses. Iannone sukses juga dilewati Rins. Tahun depan Suzuki menghentikan kontrak dengan Iannone dan belum tau Iannone akan pindah kemana.

10 lap tersisa, posisi top 6 saat ini adalah Lorenzo, Dovi, Petrucci, Vale, Rins dan Iannone. Lorenzo berjarak 1,5 detik dari Dovizioso. Amanlah Lorenzo saat ini asal dia nggak jatuh aja. 9 lap tersisa, Alex Rins lewati Vale buat posisi 4. Selain di rider terdepan, rider di belakangnya masih berpotensi berubah posisi karena jaraknya rapet bener.

Lorenzo juga happy (dok.motogp.com)
Lorenzo juga happy (dok.motogp.com)
7 lap tersisa, Rins melebar dan sukses dilewati Vale dan Iannone. Keduanya mengejar Petrucci. 6 lap tersisa Vale lewati Petrucci buat posisi tiga. Team communication buat Rins dan Petrucci adalah Mapping 3. Maksudnya kejar podium 3 kali ye. Iannone yang menempel ketat Petrucci berhasil memaksa Petrucci turun ke posisi 5. Sementara itu Marquez masih berjuang di posisi 17.

4 lap tersisa Iannone lewati Vale buat posisi 3 tapi Vale melawan dan posisi 3 masih menjadi miliknya. Ian belum melepaskan Vale dan terus menempel ketat. Vale under pressure. Saya pengennya balapan cepet-cepet selesai aja deh. Pertempuran Iannone dan Vale berlanjut di 2 lap tersisa. Kedua pembalap Italia ini saling menyalip. Last lap! Untung Iannone menyadari kekhilafannya. Ketimbang jatuh dan gagal mendulang poin ia melepaskan Vale dan Vale aman di posisi 3.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN