Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Nick Harris, "The Voice of MotoGP" Itu Memutuskan Pensiun

10 November 2017   15:38 Diperbarui: 10 November 2017   20:13 2132 6 3
Nick Harris, "The Voice of MotoGP" Itu Memutuskan Pensiun
Valentino Rossi dan Nick Harris (dok.motogp.com)

Seri pemungkas MotoGP musim 2017 akan berlangsung pada 12 November 2017 mendatang di Valencia. Sampai saat ini belum ketahuan siapa yang akan menjadi juara dunia MotoGP 2017. Marc Marquez sementara mengungguli Andrea Dovizioso dengan 21 poin, tapi ini belum cukup mentasbihkan Marquez sebagai juara dunia MotoGP 2017. Saya suka bener kalau juara dunia belum ketahuan sampai jelang seri terakhir, lebih deg-deg an nonton balapannya gitu.

Tapi kali ini saya nggak akan menulis soal gimana serunya perebutan juara dunia MotoGP 2017 dan prediksi siapa yang akan jadi juara dunia. Wong bukan Valentino Rossi juga kok yang jadi juara dunianya. Namun saya akan menulis tentang orang yang membuat MotoGP makin hidup dan makin seru dilihatnya. Siapakah? Ia adalah The Voice of MotoGP, Nick Harris.

dua legenda MotoGP, yang satu mau pensiun, yang satu lagi jangan sampe pensiun (dok,motogp.com)
dua legenda MotoGP, yang satu mau pensiun, yang satu lagi jangan sampe pensiun (dok,motogp.com)

Nick Harris adalah komentator setia MotoGP. Ia membuat balapan lebih hidup dan seru dengan komentar-komentar dari suara khasnya. Nick Harris sudah menjadi komentator balapan Grand Prix sejak tahun 1974. Makanya pengetahuan opa Nick Harris terhadap balapan dan para ridernya udah ngelotok di luar kepala. Opa Nick Harris sebenernya juga jurnalis dan sempat membuat buku tentang Barry Sheene.

Nick Harris setia mengomentatori MotoGP sejak dari latihan bebas sampe race. Bahkan kadang juga jadi host di Press Conference. Setelah malang melintang di dunia per-komentator-an MotoGP, Nick Harris memutuskan pensiun tahun depan dan gelaran MotoGP Valencia besok adalah seri terakhir di mana kita bisa mendengarkan suara khas opa Nick Harris. Saya akan merindukan suara Nick ketika menyebut "Valentino Rossi!" atau "salute The Doctor, salute the master!"

with opa Nick Harris (dok.yayat)
with opa Nick Harris (dok.yayat)

Siaran MotoGP selanjutnya akan dikomentatori oleh Matt Birt yang sudah mendampingi Nick Harris siaran sejak tahun 2015. Matt Birt sendiri tadinya adalah jurnalis MCN yang udah wara wiri di MCN selama 19 tahun dan selalu menulis soal MotoGP di medianya. Matt Birt kemungkinan besar sih akan didampingi oleh Steve Day yang udah jadi komentator Moto3 dan Moto2 sejak awal 2017. Tapi belum ada pengumuman lebih lanjut dari Dorna.

Pada press conference di Valencia kemarin, para pembalap MotoGP juga say good bye sama Nick Harris. Valentino Rossi memanggil Nick Harris untuk duduk di sebelahnya dan dikasih tablet yang memutar video tentang Nick Harris. Di video itu para pembalap MotoGP juga menirukan aksen Nick Harris mengucap kata-kata khasnya misal nya "What a race! What a grand prix! Unbelievable! Absolutely breath taking!". Nick Harris terlihat berkaca-kaca melihatnya.

Ketika saya berangkat ke Kuala Lumpur untuk menonton langsung MotoGP Sepang Oktober kemarin, saya berniat dalam hati sebisa mungkin ingin ketemu si The Voice of MotoGP. Sekedar ingin mengucapkan terima kasih karena ia membuat penonton begitu menikmati MotoGP dengan segala komentarnya. Tapi, ada rasa pesimis juga karena Nick Harris sibuk luar biasa saat balapan, lagian bisa ketemunya juga di mana.

opa Nick fans nya banyak (dok.yayat)
opa Nick fans nya banyak (dok.yayat)

Ndilalahnya.. keinginan saya terkabul pada Kamis 26 Oktober 2017. Saya bisa bertemu dengan opa Nick Harris di sebuah lokasi yang saya nggak bisa sebutkan di mana. Nick Harris kelihatan terkejut begitu saya dan banyak teman lainnya gembira bertemu dirinya. Nick Harris dengan sabar meladeni permintaan kami untuk salaman dan foto-foto.

Wajah tua Nick Harris terlihat lelah, tapi ia tak berhenti tersenyum pada banyak orang yang makin merubungnya. "Yes, The Voice of MotoGP hehehe", begitu katanya dengan suara yang khas. Nick Harris terlihat bahagia ketika kami berebutan bilang terima kasih. "You're welcome.. you're welcome", jawabnya. Suara Nick Harris memang seperti itu adanya ternyata, nggak ada bedanya dengan saat dia siaran. 

Namun momen itu kudu berhenti setelah security menghampiri dan membawa Nick Harris pergi. Nick Harris masih sempat melambaikan tangan pada kami sambil bilang "Good bye!". 

Good bye opa... thank you for everything... we will miss you.