Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Marc Marquez Raih Juara Dunia MotoGP 2016 di Motegi

16 Oktober 2016   15:02 Diperbarui: 16 Oktober 2016   16:53 0 16 19 Mohon Tunggu...
Marc Marquez Raih Juara Dunia MotoGP 2016 di Motegi
Happy (dok.motogp.com)

Balapan itu sering nggak bisa diprediksi hasilnya. Salah satunya terjadi di MotoGP seri Motegi yang berlangsung di Jepang hari ini. Valentino Rossi yang dijagokan jadi juara di Motegi malah jatuh. Di posisi klasemen sementara akang Vale terpaksa turun ke posisi tiga di bawah Jorge Lorenzo gara-gara nggak dapat poin. Tapi ternyataaaa Jorge Lorenzo juga jatuh pemirsa. Posisi di klasemen berbalik lagi, Vale tetap di posisi dua dan Lorenzo ketiga. Karena nggak ada halangan dari Vale dan Jorge makaaa Marc Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP di Motegi Jepang. Fans Marc Marquez berpesta hari ini karena jagoannya jadi juara MotoGP 2016.

Jalannya Balapan

Balapan terdiri dari 24 lap dengan kondisi trek kering dan cuaca cerah. Vale memulai balapan dari posisi pole. Tiga rider di first row, yaitu Vale, Marquez dan Lorenzo sama-sama menggunakan ban depan medium dan ban belakang soft. Setelah start Lorenzo langsung ngacir di depan dan Vale kedua. Marquez mulai menekan Vale dan berusaha mengambil alih posisi. Marc berhasil overtake Vale buat posisi dua. Vale belum menyerah dan berusaha menekan balik. Usahanya nyaris berhasil, ia overtake Marc buat posisi dua tapi Marc terlalu kuat. Marc menghindar dari ancaman Vale dan tetap ada di posisi dua.

Sementara itu Dovizioso sukses menyalip Cal Crutchlow buat posisi lima. Di lap kedua lagi Vale melihat celah buat menyalip Marc tapi secara agresif Marc push motor ke depan dan memotong racing line Vale. Sebuah aksi berbahaya yang sangat agresif tapi untung yang disalip bukan rider sembarangan. Marc ada di posisi dua lagi. Jorge Lorenzo menekan gas mencatat fastest lap 1:46:038.

Di lap ketiga Vale masih memberi ancaman pada Marc membuat Marc ngacir hingga mencapai top speed 303 km perjam. Di lap keempat Eugene Laverty jatuh. Vale mencatat fastest lap 1:45:722. Marc makin mendekati Jorge Lorenzo dan berusaha menyalip. Tanpa perlawanan berarti, Marc berhasil menyalip dan mengambil alih pimpinan balapan. Kelar dipecundangi Marc Marquez, ganti Vale memberi ancaman pada Lorenzo. Di lap kelima jarak Vale ke Jorge kian dekat.

Marc Marquez juara dunia (dok.motogp.com)
Marc Marquez juara dunia (dok.motogp.com)
Di lap keenam Marquez mencatat fastest lap 1:45:577. Usaha Vale berhasil, ia menyalip Jorge Lorenzo buat posisi dua. Di depan.. Marc yang terancam ngacir hingga mencatat fastest lap 1:45:576. Jack Miller menjadi pembalap selanjutnya yang jatuh. Di lap ketujuh mimpi buruk menimpa Valentino Rossi. Kehilangan control pada ban depan membuat ia hilang keseimbangan dan jatuh di turn 10. Kakinya sempat tertimpa motor tapi Marshall yang bereaksi cepat membantu Vale berdiri. Motor MotoGP itu beratnya 157 kilo. Cukup bikin kaki gepeng. Untung Vale nggak cedera dan segera bangkir berdiri. Berusaha menyalakan motornya lagi tapi motornya problem. Ya sudah ia kembali ke garasi. Motegi selesai buat Valentino Rossi.

Apa reaksi para fans Valentino Rossi? Ngomel, marah, nangis-nangis, mungkin ada yang pingsan. Sungguh kejadian yang sangat nggak diinginkan terjadi pada Valentino Rossi. Crew Yamaha di garasi bermuka masam. Lin Jarvis apalagi. Presiden Yamaha Jepang yang hadir di garasi terdiam. Saya sendiri pengen banting tipi.. untung ingat belum tentu bisa beli tipi lagi. Selamet deh tuh tipi. Ini adalah kali ke 4 Vale DNF. Sebelumnya ia gagal finis di Austin, Mugello dan Assen.

Dengan jatuhnya Vale, Dovizioso naik ke posisi tiga. Hector Barbera jatuh juga. Di 12 lap tersisa Dovi berusaha menyelamatkan Italia dengan menekan gas motornya mendekati Lorenzo di posisi dua. Di belakang Dovi ada Aleix Espargaro yang datang mendekat. Di 9 lap tersisa jarak Lorenzo ke Dovi adalah 0.7 detik. Karena focus ke Dovi, Aleix Espargaro nggak menyadari Maverick Vinales mengancam di belakang. Ketika sadar sudah terlambat, Vinales sudah sangat dekat dan siap menyalip.

Pertempuran duo Suzuki enak dilihat, menyelamatkan seri Motegi dari tontonan yang garing. Berebut posisi empat, Aleix Espargaro meladeni ancaman Vinales. Siapa menang? Yess.. Vinales menang. Calon team mate Valentino Rossi ini sukses membabat Aleix Espargaro dari posisi empat. Marc Marquez di posisi terdepan masih melakukan aksi ekstrem. Ia menekan rem dari kecepatan 300 km per jam hingga melambat ke 75 km per jam. Kalo kita yang kayak gitu udah koprol 46 kali.

Di 5 lap tersisa lagi-lagi Yamaha harus melihat kejadian buruk. Jorge Lorenzo yang tidak sedang head to head dengan Dovi, meluncur ke gravel… jatuh. Nampaknya masalahnya sama dengan Vale.. ia kehilangan control pada ban depan. Saya sebenernya pengen bersorak.. tapi nggak enak sama fans Lorenzo. Saya tau sakitnya melihat pembalap idola jatuh… sakitnya tuh di sini (nunjuk dengkul).

Not today ya Vale (dok.motogp.com)
Not today ya Vale (dok.motogp.com)
Dengan jatuhnya Lorenzo, posisi 2 dan 3 di klasemen sementara tetap nggak berubah. Vale kedua dan Lorenzo ketiga. Crew Honda tegang luar biasa. Gelar juara dunia MotoGP untuk Marc Marquez sudah di depan mata. Semoga Marquez nggak jatuh juga. Tapi Marquez tetap tidak melambat. Ia gas pol hingga berjarak 1,5 detik dari Dovi yang karena Lorenzo jatuh jadi naik ke posisi dua. Akhirnyaaa… Marc Marquez sukses finish pertama. Ia juara Motegi sekaligus juara dunia. Podium dua diraih Andrea Dovizioso dan podium tiga diraih Maverick Vinales. Well done…

Marc Marquez pantas meraih gelar juara dunia tahun ini karena performanya tahun ini luar biasa. Ia juga lebih dewasa dibandingkan tahun lalu. Penguasaan emosinya bagus.. mungkin ia belajar banyak dari kejadian tahun lalu. Ya seharusnya begitu. Apa yang kita alami akan menjadikan kita menjadi orang yang lebih baik. Saat diwawancara setelah race, Marc bilang ia mulai tidak focus setelah tau Lorenzo jatuh. Ia melakukan kesalahan di 4-5 tikungan. Tapi yaaaa karena nggak ada lawan ya tetap aja dia menang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x