Mohon tunggu...
Yaya Sunaya
Yaya Sunaya Mohon Tunggu... Guru - Guru PKn SMKN 1 Cilengkrang

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penelitian Tindakan Kelas PKN

27 Januari 2023   15:06 Diperbarui: 27 Januari 2023   15:10 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui Model Pembelajaran PjBL pada Pembelajaran Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan bermasyarakat dan Berbangsa pada peserta didik kelas  X SMK Negeri 1 Cilengkrang dapat disimpulkan sebagai berikut.

  • Penerapanmodel Pembelajaran PjBL pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada nilai yang dicapai peserta didik setelah model PjBL ini dilaksanakan Dengan rata-rata keseluruhan nilai keterlaksanaan 80,36. Nilai tersebut menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran PjBL pada maeri Penerapan Nilai-Nilap Pancasila berhasil dengan baik
  • Berdasarkan penilaian tes Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan Berbangsa berhasil dengan baik terbukti dengan adanya peningkatan. Nilai  rata-rata  pretest  56,50 dan posttest 85,75 hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 29,25
  • Model pembelajaran PjBL terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pana pembelajaran PPKn materi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Berbangsa

Rekomendasi

Berdasarkan hasil penelitain yang dilakukan, penulis ingin mengajukan beberapa saran, di antaranya,

  • Berdasarkan hasil penelitian, tahapan dengan nilai keterlaksanaan terendah adalah tahapan bertanya dan komunitas belajar. Hal itu disebabkan oleh faktor guru dan faktor siswa. Faktor dari guru yaitu guru kurang bisa memancing peserta didik untuk menyampaikan pertanyaan dan guru kurang dalam hal memberikan motivasi kepada peserta didik agar mereka berani mengungkapkan gagasan pada saat berdiskusi. Dari paparan tersebut, penulis menyarankan agar guru mampu memancing peserta didik untuk mengemukakan pertanyaan dengan cara agar memotivasi peserta didik untuk berani mengungkapkan pendapat ketika mereka sedang diskusi.
  • Data yang didapat dari hasil penelitian meningkatkan motivasi peserta didik melalui model pembelajaran PjBL terbukti bahwa model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan tentang meningkatkan motivasi belajar pesrta didik melalui model pembelajaran PjBL terbukti bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat dibuktikan dengan meningkatnya niali yang diperoleh oleh peserta didik setelah model pembelajaran ini dilaksanakan. Oleh karena itu penulis menyarankan kepada pembaca supaya menerapkan model pembelajaran PjBL dalan melaksanakan Pembelajaran di kelas suapaya motivasi belajar peserta didik meningkat yang berdampak pada meningkatnya pula nilai yang dicapai oleh peserta didik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun