Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui Model Pembelajaran PjBL pada Pembelajaran Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan bermasyarakat dan Berbangsa pada peserta didik kelas  X SMK Negeri 1 Cilengkrang dapat disimpulkan sebagai berikut.
- Penerapanmodel Pembelajaran PjBL pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada nilai yang dicapai peserta didik setelah model PjBL ini dilaksanakan Dengan rata-rata keseluruhan nilai keterlaksanaan 80,36. Nilai tersebut menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran PjBL pada maeri Penerapan Nilai-Nilap Pancasila berhasil dengan baik
- Berdasarkan penilaian tes Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan Berbangsa berhasil dengan baik terbukti dengan adanya peningkatan. Nilai  rata-rata  pretest  56,50 dan posttest 85,75 hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 29,25
- Model pembelajaran PjBL terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pana pembelajaran PPKn materi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Berbangsa
Rekomendasi
Berdasarkan hasil penelitain yang dilakukan, penulis ingin mengajukan beberapa saran, di antaranya,
- Berdasarkan hasil penelitian, tahapan dengan nilai keterlaksanaan terendah adalah tahapan bertanya dan komunitas belajar. Hal itu disebabkan oleh faktor guru dan faktor siswa. Faktor dari guru yaitu guru kurang bisa memancing peserta didik untuk menyampaikan pertanyaan dan guru kurang dalam hal memberikan motivasi kepada peserta didik agar mereka berani mengungkapkan gagasan pada saat berdiskusi. Dari paparan tersebut, penulis menyarankan agar guru mampu memancing peserta didik untuk mengemukakan pertanyaan dengan cara agar memotivasi peserta didik untuk berani mengungkapkan pendapat ketika mereka sedang diskusi.
- Data yang didapat dari hasil penelitian meningkatkan motivasi peserta didik melalui model pembelajaran PjBL terbukti bahwa model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan tentang meningkatkan motivasi belajar pesrta didik melalui model pembelajaran PjBL terbukti bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat dibuktikan dengan meningkatnya niali yang diperoleh oleh peserta didik setelah model pembelajaran ini dilaksanakan. Oleh karena itu penulis menyarankan kepada pembaca supaya menerapkan model pembelajaran PjBL dalan melaksanakan Pembelajaran di kelas suapaya motivasi belajar peserta didik meningkat yang berdampak pada meningkatnya pula nilai yang dicapai oleh peserta didik.