Mohon tunggu...
Aksi Cepat Tanggap
Aksi Cepat Tanggap Mohon Tunggu... Organisasi Kemanusiaan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik http://act.id Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation is a professional global humanitarian organization based on philanthropy and volunteerism to achieve better world civilization

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Menjaga Stamina Saat Berpuasa, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan

19 April 2021   17:37 Diperbarui: 19 April 2021   18:25 112 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjaga Stamina Saat Berpuasa, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan
Photo by John Cameron on Unsplash   

JAKARTA - Agar puasamu berjalan lancar seiring dengan aktivitas mu sehari-hari, hal yang penting diperhatikan saat berpuasa yaitu menjaga stamina. Terlebih lagi, pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Oleh karena itu, meskipun sedang berpuasa kita juga harus tetap menjaga stamina serta daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar virus Covid-19.

Ada banyak cara untuk menjaga stamina agar tetap terjaga saat berpuasa.

Kamu harus tahu apa saja cara menjaga stamina agar tetap bugar dan produktif selama Ramada. Berikut 5 tips cara menjaga stamina saat berpuasa:

  • Konsumsi Air Putih yang Cukup

80% tubuh terdiri dari cairan, saat berpuasa kamu harus memastikan bahwa kamu mengonsumsi cukup air saat sahur dan berbuka. Mengonsumsi air putih yang cukup selama puasa akan menjaga stamina kamu karena akan mencegah kamu alami dehidrasi. Ketika kamu berpuasa, tubuh rentan dehidrasi yang menyebabkan tubuh menjadi lemas karena aliran oksigen berjalan tidak lancar di dalam tubuh. Untuk itu, hindari dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Caranya, kamu perlu minimal delapan gelas air per hari. Terapkan pola 2-4-2, yaitu minum dua gelas air putih pada saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa, dan dua gelas sebelum tidur malam.

  • Optimalkan Waktu Tidur

Cara selanjutnya untuk menjaga stamina saat berpuasa yaitu dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Saat berpuasa, ada pergeseran waktu tidur, karena kamu harus bangun untuk makan sahur. Oleh karena itu kamu harus memajukan waktu tidur kamu dari biasanya agar memiliki waktu tidur yang cukup. Kurang tidur atau terlalu letih dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit dan menurunkan sistem imunitas tubuh. Waktu tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa yaitu antara 7 sampai 8 jam perhari.

  • Pilih Makanan yang Sehat dan Bergizi saat Sahur dan Berbuka

Mengingat bahwa kita ketika sedang berpuasa tidak boleh makan dan minum saat siang hari, maka kebutuhan tubuh akan zat tertentu mungkin meningkat daripada biasanya. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi adalah salah satu kunci utama dari cara menjaga stamina tetap prima saat berpuasa.

Oleh karena itu,kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi saat sahur maupun berbuka seperti sayuran, telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan. Lengkapi juga dengan buah segar, susu, atau suplemen tambahan.

  • Konsumsi Multivitamin

Mengonsumsi multivitamin dapat menjadi pilihan kamu yang ingin menjaga stamina tubuh selama berpuasa. Apalagi jika kegiatan harian kamu cukup padat. Mengonsumsi makanan yang sehat saja tidak cukup, kamu juga butuh multivitamin sebagai penunjang agar tubuh mu tidak mudah lemas saat beraktivitas.

  • Olahraga Ringan

Cara yang kelima yaitu melakukan kegiatan olahraga ringan. Meskipun kamu sedang berpuasa, kamu juga tetap bisa melakukan kegiatan olahraga dirumah. Pilihlah jenis olahraga ringan agar tidak terlalu menguras energi, seperti joging kecil, yoga, maupun berenang. Kamu dapat melakukannya selama 20-60 menit menjelang berbuka puasa atau saat pagi hari sebelum beraktivitas.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x