Mohon tunggu...
Aksi Cepat Tanggap
Aksi Cepat Tanggap Mohon Tunggu... Organisasi Kemanusiaan

Menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik http://act.id Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation is a professional global humanitarian organization based on philanthropy and volunteerism to achieve better world civilization

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hidangan Hangat Humanity Food Truck untuk Ribuan Warga Palestina

1 Maret 2021   13:39 Diperbarui: 1 Maret 2021   14:15 29 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidangan Hangat Humanity Food Truck untuk Ribuan Warga Palestina
ACT distribusi pangan Gaza Palestina

PALESTINA - Kondisi Palestina saat ini tengah musim dingin. Banyak warga prasejahtera di Palestina hidup kedinginan lantaran rumah-rumah mereka hancur akibat serangan demi serangan tentara Israel. Pandemi Covid-19 yang terjadi menambah beban hidup mereka semakin berat.

Di musim dingin ini, kepedulian masyarakat Indonesia terus menghangatkan saudara-saudara di Palestina. Salah satunya melalui aksi layanan makan gratis Humanity Food Truck. Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan makanan siap santap untuk warga prasejahtera Palestina di 5 wilayah di Gaza, Palestina selama lima hari berturut-turut, yakni pada 24-28 Februari. Kelima wilayah tersebut antara lain Alzaitoun dan Alshujaiya, Alburaij, Al-Maghazi, Daur Albalah, serta Alsalaten Almreekiya.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response-ACT menjelaskan total makanan siap santap yang dibagikan sebanyak 1.000 boks. Relawan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 8 orang. "Penerima manfaat kali ini adalah keluarga prasejahtera, keluarga yatim, dan juga keluarga janda," kata Said.

Ia menambahkan, kebutuhan pangan menjadi sangat penting bagi warga Palestina agar bisa bertahan hidup. Apalagi kondisi alam Palestina saat ini sedang musim dingin, ditambah dengan adanya pandemi Covid-19. Sehingga, kata Said, beban warga Palestina semakin berat.

Palestina saat ini masih mencekam. Tentara zionis Israel masih terus membombardir wilayah Tanah Suci Palestina. Data Humanitarian Needs Overview (HNO) dari 5,2 juta penduduk Palestina, 2,45 juta penduduk berada di posisi membutuhkan, dan lebih dari 1 juta orang tinggal di Gaza.

Program Humanity Food Truck di Gaza, Palestina menjadi bagian dari program unggulan yang memotori Gerakan Sedekah Pangan Nasional (GSPN). Meski lingkup gerakannya nasional, namun pendistribusiannya melewati batas-batas negara hingga ke Palestina. Sehingga, masyarakat dermawan bisa mendukung ikhtiar bersama dalam membantu masyarakat Palestina. []

VIDEO PILIHAN