Mohon tunggu...
Sosbud

Telisik Konstribusi ICMI untuk Ibu Pertiwi

20 Maret 2018   16:43 Diperbarui: 20 Maret 2018   16:59 282 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Telisik Konstribusi ICMI untuk Ibu Pertiwi
Sumber: www.republika.co.id

Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) merupakan salah satu organisasi besar di Indonesia yang sangat memperhatikan perkembangan Indonesia dari berbagai jenis bidang. Nih ya bukti-buktinya ICMI ada untuk Indonesia.

ICMI itu sudah banyak mengeluarkan gagasan-gagasan baru untuk membantu Indonesia menjadi lebih baik. Contohnya yang pertama dari segi perbankan, ICMI bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) beserta beberapa pengusaha muslim sudah mendirikan bank Mualamat, yang dimana bank tersebut merupakan bank syariah pertama di Indonesia. (sumber: http://www.bankmuamalat.co.id/profil-bank-muamalat).

Lalu bukan hanya itu saja ICMI juga sudah membuat gagasan lainnya seperti bank wakaf, desa emas, toko ICMI, dan I-Masjid. Semua gagasan-gagasan itu bertujuan untuk memajukan Indonesia dan juga untuk memajukan masyarakatnya.

Baru-baru ini, ICMI mengeluarkan gagasan baru yaitu ekonomi pasar Pancasila yang dicetuskan oleh Ketua Dewan Kehormatan ICMI, BJ Habibie dalam sambutan di acara silaturahmi kerja nasional yang diadakan pada 8 Desember 2017.

"Melalui ekonomi Pancasila yang berorientasi pada pasar, dasar negara itu akan ditempatkan dalam kesadaran baru semangat baru dan paradigma baru dalam dinamika perubahan sosial politik masyarakat Indonesia," ucap Habibie saat memberikan sambutannya. (sumber: https://pemeriksaanpajak.com/2017/12/11/habibie-cetuskan-konsep-ekonomi-pasar-pancasila/)

Kalian tahu kan sekarang ini, zaman semakin hari makin berkembang terlebih lagi pada teknologinya. Dalam Era ini, Indonesia butuh cara atau strategi baru untuk memajukan ekonomi Indonesia.

Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie mengatakan "ekonomi pasar Pancasila suatu sistem yang dipahami oleh ICMI dari pemikiran Pak Habibie. Kita sepakat mendukung itu bahwa ekonomi pasar Pancasila itu sistem perekonomian yang mengakui realitas kekuatan pasar di era sekarang," (sumber: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/12/11/p0s3qd440-bahas-masalah-bangsa-icmi-bentuk-pokja-ekonomi-pancasila).

Dan gagasan ekonomi pasar pancasila ini, juga dapat dukungan dari Presiden kita saat ini, Jokowi, dirinya berkata "saya menunggu hasil dari ekonomi pasar Pancasila yang sudah disampaikan oleh beliau  (BJ Habibie)". (sumber: https://news.detik.com/berita/3761804/bj-habibie-sampaikan-ekonomi-pasar-pancasila-jokowi-antusias).

Sudah jelas dong ya dari penjelasan di atas, ICMI sudah ikut dalam kontribusi memajukan negara dan juga akan terus berusaha membuat gagasan-gagasan baru untuk kemajuan Indonesia.

VIDEO PILIHAN