Mohon tunggu...
Yayan Satria
Yayan Satria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hi saya Yayan Satria mahasiswi UMRI jurusan Teknik Kimia

Saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa

20 April 2021   16:03 Diperbarui: 20 April 2021   16:09 53 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa maksudnya agar Bangsa Indonesia bisa terhindar dari suatu perpecahan ataupun suatu permasalahan yang akan terjadi. maka pancasila bukan hanya sebagai dasar negara akan tetapi pancasila juga sebagai alat pemersatu bangsa.

Oleh karena itu pancasila sebagai alat pemersatu bangsa yang nantinya berguna untuk mengantarkan Bangsa Indonesia ke massa yang lebih baik untuk kedepannya. Seandainya jika Bangsa Indonesia tidak mempunyai alat yang dinamakan alat pemersatu bangsa maka apa yang akan terjadi? yang akan terjadi hanyalah suatu perpecahan dan kekacauan. 

Pancasila sangat penting dilingkungan masyarakat untuk membentuk dan menciptakan keadilan dan toleransi bahwa pancasila di Indonesia ini memang benar-benar mempunyai kebenaran. agar kita bisa mewujudkan negara yang damai dan bertoleransi maka kita harus mengetahui makna pancasila terlebih dahulu terutama makna pancasila sebagai alat pemersatu bangsa dan pancasila sebagai dasar negara. karena yang ingin dibentuk yaitu manusia dan masyarakat yang maju sehingga paradigma pembangunan harus berdasarkan kepribadian indonesia dan menghasilkan manusia dan masyarakat yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur pancasila.

Paradigma ini merupakan suatu model ataupun pola pemikiran sebagai upaya untuk melaksanakan perubahan yang direncanakan guna mewujudkan cita-cita kehidupan masyarakat yang lebih baik (secara kualitatif ataupun kuantitaif). Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa ditunjukkan pada pancasila ke tiga "Persatuan Indonesia" dimana pancasila selalu menjunjung tinggi persatuan bangsa Indonesia.

Saya Yayan satria berterima kasih kepada

Bpk Ilham Hudi, S.Pd., M.Pd

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN