Proses pembelajaran adalah proses membantu siswa belajar.yang ditandai dengan perubahan perilaku baik dalam aspek kognitif,afektif  maupun psikomotorik. Seorang guru hanya dapat dikatakan telah melakukan kegiatan pembelajaran jika terjadi perubahan perilaku pada diri peserta didik sebagai akibat dari kegiatan tersebut.
Pembelajaran adalah proses,cara menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Sedangkan belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu,berusaha tingkah laku atau tanggapan yg disebabkan oleh pengalaman ( KBBI, 1996 : 14 )
Pembelajaran yang berhasil ditunjukkan oleh suatu materi yang di kuasa oleh siswa dalam pembelajaran, tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran biasanya dinyatakan dengan nilai. Prestasi belajar sebagai hasil dari pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kemampuan guru mengembangkan kreatifitasnya.Oleh karena itu sebagai pendidik, kita dituntut berkreasi sehingga mampu mengantar prestasi terbaik bagi  siswa