Mohon tunggu...
Yasser Indies
Yasser Indies Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB, Prodi Komunikasi, Angkatan 58

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Perkembangan Teknologi Ponsel Pintar atau Smartphone dari Masa ke Masa

12 Juli 2021   09:39 Diperbarui: 12 Juli 2021   10:11 162 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Teknologi Ponsel Pintar atau Smartphone dari Masa ke Masa
Nokia 9000 Communicator (Foto: grid.id)

Tak terasa perkembangan teknologi ponsel begitu cepat, ponsel yang awalnya hanya digunakan sebagai alat komunikasi kini bisa lebih dari itu. Perkembangan teknologi ponsel yang begitu cepat kini membuat ponsel disebut sebagai ponsel pintar atau Smartphone. Ponsel pintar merupakan generasi ponsel terbaru yang lebih canggih serta penerus dari telepon genggam yang sudah kuno. Ponsel pintar lebih banyak memiliki fitur dibandingkan telepon genggam biasa, bahkan fungsinya kadang-kadang menyerupai komputer.

Saat ini ponsel pintar sudah menjadi alat yang tak sekedar untuk komunikasi saja, namun digunakan dalam bidang pendidikan, perdagangan, transportasi, dan lain-lain. Karena itu hampir semua orang di dunia pasti memiliki ponsel pintar untuk membantu mereka dalam melaksanakan kebutuhan masing-masing. 

Alasan lain mengapa orang-orang menggunakan ponsel pintar tentunya karena mudah digenggam dan mudah dibawa ke mana-mana. Kelebihan itulah yang membuat ponsel pintar sebagai alat paling banyak digunakan dan berpengaruh bagi kebanyakan orang.

Munculnya Ponsel Pintar 

Konsep pertama ponsel pintar di dunia pertama kali muncul pada tahun 1992 bernama Simon Personal Communicator, buatan IBM. Diperkenalkan di sebuah pameran bernama COMDEX, Las Vegas, Nevada, Amerika serikat. 

Ponsel pintar tersebut memiliki fitur-fitur yang terbilang sangat canggih pada masanya seperti mengirim email, faks, kalender, dan jam dunia. Selain itu IBM Simon sangat revolusioner karena memiliki layar sentuh dibanding produk lainnya yang masih menggunakan tombol. Ponsel ini mulai dipasarkan pada tahun 1993 dan terbilang sukses.

Pada tahun 1996, Nokia mengeluarkan ponsel pintar pertama mereka bernama Nokia 9000 Communicator. Ponsel tersebut diperkenalkan di CeBit 1996 dan pada tahun yang sama sudah mulai dipasarkan. Desain Nokia 9000 Communicator mempunyai layar LCD dan keyboard QWERTY. Mirip seperti IBM Simon, Nokia 9000 Communicator dapat menerima email dan faks, ponsel tersebut juga memiliki web browser di dalamnya.

Kemudian Ericsson merilis konsep ponsel pintar pertama mereka pada tahun 1997 yang Bernama GS88 dengan nama lain yaitu Penelope. Ponsel pintar tersebut dikembangkan di Swedia pada tahun 1997. Ponsel ini Berbasis sistem operasi GEOS, yaitu perangkat lunak aplikasi yang dikembangkan di SAL Warrington, Inggris. Ponsel pintar ini memiliki fitur-fitur seperti  SMS, email, jam dunia, speaker dan koneksi langsung ke PC. Sayangnya ponsel tersebut tidak pernah dipasarkan.

Munculnya Ponsel Pintar Blackberry

Sekitar tahun 2000-an, ponsel pintar mulai terhubung jaringan internet 3G. NTT DoCoMo meluncurkan jaringan 3G pertama di Jepang pada 1 Oktober 2001. Kemudian mulai banyak pabrikan ponsel pintar yang menghadirkan fitur internet 3G ini ke ponsel pintar, salah satunya adalah Blackberry. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x