Mohon tunggu...
yas niar
yas niar Mohon Tunggu... yasniar

YASNIAR

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Teori Belajar Jerome S Bruner

8 Mei 2020   17:48 Diperbarui: 8 Mei 2020   19:00 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teori Belajar Jerome S Bruner
download-5e611f8cd541df625f2691a2-5eb54849d541df399726c992.jpg

Jerome Bruner merupakan ahli Psikologi di bidang perkembangan dan kognitif yang berpendapat bahwa kegiatan belajar itu akan melalui tiga tahap yaitu akan mendapatkan informasi baru terlebih dahulu, kedua mengolah informasi yang telah didapat, dan ketiga yaitu menguji tepat atau tidak informasi yang di dapat atau bisa dibilang mengevaluasi. Penjelasan di masing-masing tahap sebagai berikut :


1.Menerima atau mendapatkan informasi baru, yaitu tahap awal seseorang menerima informasi, dimana seseorang mendapatkan pemahaman  atau pengalaman baru.


2.Mengolah informasi yang diterima, yaitu pada tahap ini seseorang akan menganalisis, mencerna, serta memahami informasi yang telah diterima.


3.Tahap evaluasi, pada tahap ini seseorang akan memberi penilaian  terhadap apa yang telah didapatkan. Namun pada teori kognitif proses belajar yang nomor satu bukan hasil yang didapat.


Teori belajar dari Jerome S Bruner terinspirasi dari teori piaget, yang menyatakan bahwa anak yang harus berperan aktif dalam sebuah pembelajarn, Bruner pun menyataan bahwa pelajar lah yang harus mengorganisasikan proses belajar agar menjadi bentuk akhir yang akan dicapai.

Teri Bruner dikenal dengan tiga bentuk metode pembelajaran yaitu, Discovery Learning, pembelajaran berbasis percobaan, dan pemecahan masalah.


1.Discovery Learning atau penemuan, yaitu pembelajaran yang materi tidak diberikan langsung secara finalnya, namun siswalah yang harus berperan aktif mencari informasi yang ingin diketahui dan kemudian mengordinasikan apa yang telah didapat atau dipahami yang kemudian menyimpulkan kedalam bentuk akhir.


2.Metode percobaan,  yaitu metode yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan sebuah percobaan baik individu maupun berkelompok, dan metode ini dilakukan lebih dari satu kali, contohnya melakukan ekperimen di laboratorium.


3.Problem Solving atau Pemecahan Masalah, yaitu metode pembelajaran yang penyajian bahan belajar sebagai masalah danmencari titik pembahasan untuk menganalisi dalam upaya agar menemukan pemecahan masalah atau jawaban. Contohnya dalam pembelajran matematika, anak dikaish soal dan mendorong anak untuk menjawab soal.


Dapat kita simpulkan dari teori dan metode yang ditemukan oleh Bruner, menitik beratkan kegiatan pembelajaran harus siswa yang harus lebih aktif dalam pembelajaran, guru hanya sebagai mediator yang akan meluruskan jika ada kesalahan atau kekeliruan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x