Mohon tunggu...
yas niar
yas niar Mohon Tunggu... yasniar

YASNIAR

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Seperti Apa Gaya Belajarmu?

2 Mei 2020   07:48 Diperbarui: 2 Mei 2020   08:13 3 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seperti Apa Gaya Belajarmu?
sumber: kajianpustaka.com

Setiap indidvidu punya gaya belajar tersendiri, tergantung dari individunya, mana yang paling membuatnya nyaman dan cepat atau lambat dalam menerima informasi.  Itulah mengapa banyak individu lambat atau cepat dalam menerima pelajaran karena gaya belajar yang digunakan kurang tepat. Karena gaya belajar merupakan kunci keberhasilan seseorang dalam mencapai pelajaran.


Gaya belajar merupakan cara yang tepat atau yang mudah di gunakan seseorang dalam menerima pelajaran. Oleh karena itu orang tua maupun guru harus mengetahui gaya belajar apa yang akan digunakan kepada anak atau siswanya dalam kegiatan pembelajaran. Banyak macam gaya belajar, diantaranya :


Gaya belajar visual, yaitu gaya belajar yang menggunakan indra penglihatan dalam pembelajaran. Orang yang menggunakan gaya belajar ini ialahorang yang teliti dan mempunyai penglihatan yang tajam, mempunyai hobi membaca, mempunyai ingatan yang kuat terhadap bentuk, warna, serta kemampuan yang luar biasa dalam hal menggambar dan mencatat sesuatu dengan sangat teliti.


Gaya belajar auditori, yaitu gaya belajar yang menggunakan indra pendengaran, akan lebih mudah menerima pelajaran  ketika menggunakan pendengaran. Anak yang menggunakan gaya belajar ini memiliki cirri-ciri seperti senang berdiskusi, senang mendengarkan cerita , tidak konsen belajar jika dalam kondisi lingkungan yang berisik, kelemahan gaya belajar auditori ini yaitu sering lupa dengan penjelasan guru.


Gaya belajar kinestetik, yaitu gaya belajar yang selalu melibatkan gaya gerak, untuk memudahan mnerima pelajaran anak model ini harus bergerak,dengan berjlan muter-muter dll. Anak dengan gaya belajar ini lebih senang pelajaran yang langsung praktek langsung dan menyentuh langsung, akan bosen dengan gaya belajar konvensional yang hanya diam dan memperhatikan guru.
Gaya belajar global yaitu gaya belajar yang menggunakan belajar dengan cara menyeluruh. Mampu melakukan pekerjaan dengan secara bersamaan atau lebih dari satu. Anak dengan gaya belajar ini juga cenderung  tidak rapi atau berantakan meskipun senang dengan kerapian. Bisa bekerjasama dengan baik.


 Gaya belajar analitik yaitu belajar dengan memahmai sesuatu dengan cara mendalam, dalam mengerjakan sesuatu harus di telaah terlebih dahulu dengan cara terperinci, teratur, serta dalam melakukan sesuatu dengan cara urut dan bertahap. Tidaj akan berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain jika belum selesai dikerjakan. Selalu berfikir logka, tidak senang dengan pekerjaan jika ada yg terlewatkan dari yang sebelumnya. Anak dengan gaya belajar ini cocok belajar sendiri setelah itu bsru bergabung dengan teman-temannya. Namun anak dengan gaya belajar ini memiliki kesulitan dalam ha belajar karena hanya berfokus pada satu hal.


Itulah macam-macam gaya belajar, semoga setelah membaca artikel ini kita bisa menyesuaikan gaya belajar, agar lebih bepat dalam memahami pelajaran.

VIDEO PILIHAN