Mohon tunggu...
Yashinta D
Yashinta D Mohon Tunggu... -

Jurnalisme Multimedia

Selanjutnya

Tutup

Digital

Berkenalan dengan Multimedia dan Multimedia Storytelling

10 Februari 2020   22:09 Diperbarui: 12 Februari 2020   13:12 540 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkenalan dengan Multimedia dan Multimedia Storytelling
initutorku.com

Kata multimedia tentu saja akrab di telinga kita. Di era teknologi seperti saat ini, multimedia sering kali kita gunakan untuk mencari informasi. Lalu, apa itu multimedia? Multimedia adalah sarana yang digunakan untuk menyajikan gambar, teks, audio, dan video.

          Multimedia memiliki fungsi yang penting, diantaranya untuk menyampaikan informasi dan juga sebagai media hiburan. Informasi seperti edukasi ataupun berita terkini biasa disiarkan melalui multimedia seperti website. Sedangkan multimedia juga menjadi media hiburan seperti film, musik, game, dan animasi.

Terdapat 4 jenis multimedia, diantaranya:

1. Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif memudahkan penggunanya untuk bisa mengoprasikan media tersebut. Pengguna bisa memilih pilihan yang tersedia sesuai dengan keinginannya. Contoh dari multimedia interaktif adalah aplikasi game, virtual reality, dan CD Interaktif.

2. Multimedia Hiperaktif

Multimedia hiperaktif merupakan media yang dilengkapi dengan sistem yang lebih komplek atau lengkap dibandingkan dengan multimedia interaktif. Dalam hal ini, multimedia hiperaktif memudahkan penggunanya untuk bisa lebih bebas dalam memilih sesuai dengan yang mereka butuhkan, Contoh dari multimedia hiperaktif adalah game online dan website.

3. Multimedia Linier

Multimedia linier adalah multimedia yang hanya memiliki satu kontrol sehingga pengguna tidak bisa mengontrol multimedia tersebut. Pengguna juga tidak bisa memilih atau mengubah sesuai dengan keinginan mereka karena multimedia linier dikontrol oleh pihak tertentu. Contoh dari multimedia linier adalah film, televisi, radio, dan musik.

4. Multimedia Kits

Multimedia kits adalah multimedia yang menggunakan bantuan dari alat lain. Maksudnya, multimedia kits tidak bisa hanya dioperasikan menggunakan komputer saja, tetapi membutuhkan CD Room, kaset audio, dan lain-lain untuk mengoperasikannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x