Mohon tunggu...
Yanuar Rahmadan
Yanuar Rahmadan Mohon Tunggu... European Studies major | International Relations enthusiast | Full-time Postgrad Student | Part-time Solo Traveller

Currently living in Aarhus, Denmark | Bekasi homebased | Alumni of Brawijaya University '14

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Beasiswa (Penuh) Pemerintah Denmark

17 November 2019   05:01 Diperbarui: 17 November 2019   05:03 0 0 0 Mohon Tunggu...

Danish State Scholarship/ Danish Government Scholarship

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari luar Uni Eropa, Wilayah Ekonomi Eropa dan Swiss (Non-EU/EEA/Swiss students). Beasiswa ini disebut juga dengan nama Strategic scholarship for highly talented students. 

Meskipun beasiswa ini sebenarnya berasal dari pemerintah Denmark namun distribusi beasiswa diserahkan penuh kepada masing-masing Universitas, sehingga masing-masing Universitas memiliki otonomi masing-masing untuk menentukan calon mahasiswa yang berhak untuk mendapatkan beasiswa ini.

Hampir seluruh Universitas besar di Denmark memiliki kuota untuk jenis beasiswa ini dan informasi terkait prosedur pendaftaran, kuota penerima, hingga besaran beasiswa dapat dilihat di masing-masing website Universitas. Berikut beberapa link terkait beasiswa ini:

Beberapa Universitas utama lainnya seperti Technical University of Denmark (DTU) juga menyediakan beasiswa jenis ini, namun hanya diperuntukkan bagi beberapa negara yang masuk dalam cultural agreement seperti Cina, Jepang, Israel, Mesir, Rusia dan Korea Selatan.

            Nah, pertanyaan selanjutnya adalah: gimana sih cara apply beasiswa ini?

Mungkin kita sudah familiar dengan prosedur beberapa jenis beasiswa seperti beasiswa LPDP, Chevening, StuNED, AMINEF, Swedish Institute dan yang lainnya, dimana proses aplikasi pendaftaran Universitas dan pendaftaran beasiswa dilakukan secara terpisah. Untuk beasiswa Denmark ini, aplikasi dilakukan secara paralel dengan proses aplikasi pendaftaran Universitas. Jadi, bila pihak admisi Universitas menganggap bahwa aplikasi kita memenuhi syarat, maka akan otomatis dimasukkan dalam proses seleksi beasiswanya.

Jadi, yang harus dilakukan adalah :

  • Tahapan pertama yang paling krusial adalah menentukan tujuan Universitas dan jurusan yang hendak di-apply.
  • Tahapan kedua yang tidak kalah penting adalah pelajari prosedur aplikasi di masing-masing Universitas dan Jurusan. Pelajari secara detail dan seksama, persyaratan dan dokumen apa saja yang dibutuhkan seperti dokumen Ijazah, transkrip nilai, bukti sertifikat kemampuan bahasa inggris, CV, dan lain-lain. Hal ini bisa dibaca pada menu Application procedure, seperti di Universitas Aarhus pada: https://kandidat.au.dk/en/optagelse/ansoegning/#c2484270; atau seperti di Universitas Kopenhagen pada: https://studies.ku.dk/masters/global-development/application-procedure/non-eu-eea-and-switzerland/international-bachelors-degree/
  • Tahapan ketiga, yakni masuk ke portal aplikasi (Application portal). Portal aplikasi ini diperuntukkan bagi seluruh applicants yang akan melakukan pendaftaran jenjang Bachelor dan Master di seluruh Universitas di Denmark. Jadi, melalui portal aplikasi ini, kamu bisa memilih untuk  mendaftar pada lebih dari satu jurusan: baik pada Universitas yang sama, maupun pada Universitas yang berbeda. Portal aplikasi tsb yakni: https://dans.stads.dk/SelfUserRegistration/faces/WelcomePage.jspx
  • Tahapan keempat, yakni membuat user dan bila sudah membuat, maka proses aplikasi bisa dimulai.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x