Mohon tunggu...
Yanto Lengo
Yanto Lengo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Rohaniwan Katolik

人生は素晴らしい

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kelahiran Santa Perawan Maria

6 Desember 2021   07:40 Diperbarui: 6 Desember 2021   07:49 42 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Apakah Santa Perawan Maria benar-benar dilahirkan tanggal 8 September? Kalau tidak benar, mengapa Gereja Katolik menetapkan tanggal 8 September sebagai pesta kelahiran Santa Perawan Maria? 

Penetapan tanggal 8 September dikaitkan dengan kalender sipil Konstantinopel yang dimulai tanggal 1 September? Lalu, apa hubungan antara tanggal 1 dan tanggal 8? Mengapa bukan tanggal 1 tapi tanggal 8 September? 

Angka 8 dipilih karena angka ini di dalam Kitab Suci berarti permulaan baru. Gereja Katolik menghormati secara istimewah Santa Perawan Maria karena dia adalah simbol dari karya keselamatan Allah. 

Maria yang telah mengandung dan melahirkan Yesus yang menjadi juruselamat umat manusia. Dari penghayatan ini, maka Hari Raya Santa Perawan Maria dikandung tanpa noda ditetapkan tanggal 8 Desember atau 9 bulan sebelum hari kelahirannya. Marilah kita meneladani kerendahan hati Maria, "sesungguhnya aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu". 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan