Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

David di Balik Acara Peresmian 100 Desa Kreatif Kampar yang Fantastis

21 September 2022   07:30 Diperbarui: 21 September 2022   10:27 209 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kabid David, begitu kami memanggilnya. Ia menjadi hub of trust PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M dengan Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) dan Menparekraf Sandiaga Uno. ASN Kampar ini sangat unik. Kompetensi dan komitmennya untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Kampar hampir tak tertandingi. 

"Staf promosi saya ini memang luar biasa. Ia sampai menggadaikan SK nya untuk menyiapkan Danau Rusa menjadi destinasi wisata favorit, "kata Zulia Darma, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kampar pada saat kami bertemu pertama kali di Lapangan Pelajar. David terlihat sibuk mendokumentasikan aksi Stop Narkoba yang diselenggarakan JMSI  dengan dukungan Pemkab Kampar.

Belakangan saya diberitahu Andi kalau David menggantikan Arif Subayang menjadi ketua Dewan Kesenian Kampar (DKK). Saya makin yakin jika anak muda ini bukan orang sembarangan.

Benar dugaan saya. David menunjukkan dedikasi yang luar biasa pada saat kami mengunjungi beberapa destinasi wisata. Semua pihak yang saya temui memberikan kesaksian dan menunjukkan rasa hormat yang sangat tinggi kepada Kabid David.  Kepiawaiannya mengemudi mobil double guardan saat kami berkunjung ke Batu Tilam luar biasa. Jepretannya menunjukkan keindahan alam Serambi Mekah bak ranah surgawi.

"David yang meyakinkan saya untuk mengaktifkan Bumdes dalam pengelolaan Batu Tilam sebagai destinasi wisata. Homestay di dalam gua batu ini kami peroleh dari Kemendespdtt setelah membuka jalan sepanjang 6 km dari pos di depan ke arah air terjun teesembunyi Batu Tilam,"ujar Joni, wali desa Kebun Tinggi saat kami mengobrol di dapur Homestay Batu Tilam. 

Surat permohonan Bupati Kuansing untuk mengalihkan David dari Kampar ke Kuansing merupakan pengakuan luar biasa terhadap Ketua DKK ini. 

"Saya sudah bersiap pindah ke Kuansing saat ibu tiba di Kampar. Surat dari Bupati Kuansing ditandatangani pada tanggal 20 Juni. Ibu datang 3 hari setelah itu. Tak lama kemudian ibu mengenalkan inovasi desa ekowisata ramah anak peduli perempuan atau DERAPP sebagai quick wins Pak Bupati. Sebelumnya Bapak fokus mengedepankan beras ulukasok, "ujar David kepada saya saat kami bersiap mengikuti pertemuan DPD ADKI Riau di Pekanbaru.

Komitmen 3D 

David menerima amanah dari Sekda Kampar sebagai koordinator acara Peresmian 50 Desa Kreatif dan 50 Desa Menuju Desa Kreatif  yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 17 September 2022. 

"Bu, sepertinya tidak jadi di Tanjung Belit. Pak Sekda menyampaikan dalam rapat koordinasi tadi pagi nahwa acara akan dilaksanakan di Kuok, tempat madu Wilbi diproduksi. Menteri KLHK memesan 250 botol madu Wilbi untuk tamu undangan G20 nanti, "pesan David masuk bersamaan dengan pertemuan saya dengan Dody dan Dedi, ketua Pokdarwis Batu Dinding.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan