Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, MM Memperkuat Kolaborasi Dalam Pembangunan UMKM Desa Kreatif

29 Agustus 2022   15:50 Diperbarui: 29 Agustus 2022   16:09 103 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri PJ Bupati Kampar melambaikan tangan kepada peserta defile HUT Desa Pulau Gadang ke-30 (29/8/2022)

"Desa Pulau Gadang satu-satunya yang mendapatkan dana pokok pikiran dari APBD yang diputuskan dalam rapat patopurna DPRD untuk membangun pustaka desa. Kepala Dispursip, Ibu Nurhasani menyerahkan 1000 buku untuk melengkapi bangunan yang sudah dilengkapi dengan toilet, "ujar Syofian, SH. MH, kepala desa Pulau Gadang dalam sambutannya pada HUT Ke-30 Prmindahan Lokasi Desa Pulau Gadang (29/8/2022).

Turut hadir dalam acara yang dilaksanakan di Balai Pemuda Desa Pulau Gadang ini, Pj Bupati Kampar Dr.Kamsol, MM serta jajaran. Gubernur Riau yang diwakili Yunalis,S.sos .M.Si, Wakil Ketua DPRD Kampar H.Fahmil, ME Dt.Sati Nan Tuo, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kampar H Nurbit,Kapolsek Xlll Koto Kampar,AKP. Sudiyanto,SH, Camat Xlll Koto Kampar Zulfikar S. Ag. M.Si, Camat Kuok Herman,SP, M.Si. serta tokoh ninik mamak bundo kanduang Pulau Gadang, Duta Remaja Riau, Duta Anak, dan semua lapisan masyarakat.

Hadirin dipersilakan berdiri.menyambut defile anak dan keluarga yang menampilkan pakaian adat serta kegiatan sehari-hari. Acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan, pameran, bazaar, dan perpustakaan keliling. 

Dalam sambutannya, PJ Bupati Kampar menyatakan kesediaannya untuk memfasilitasi desa yang mendapatkan predikat desa  mandiri terbaik se-kabupaten Kampar tersebut. "Ada beberapa terobosan yang saya laksanakan untuk mendukung percepatan pembangunan berbasis desa. Beberapa  waktu yang lalu, saya ditunjuk menjadi ketua umum Asosiasi Desa Kreatif Indonesia atau ADKI Riau. 14 Desa Mandiri di Kabupaten Kampar dapat memanfaatkan Gerai UMKM Desa Kreatif yang tengah kami siapkan bersama ketua Forum UMKM Kampar. Bukan hanya itu, hari ini juga kita menerima kedatangan tim dati Goorita Halal Hub yang akan membantu percepatan pemasaran produk UMKM Desa Kreatif Kampar untuk memasuki pasar global, "ujar PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M.

Dokpri  PJ Bupati Kampar, Dt. H. Kamsol, M. M menyerahkan piagam penghargaan Desa Mandiri Terbaik di Balai Pemuda Pulau Gadang Senin (29/8/2022)
Dokpri  PJ Bupati Kampar, Dt. H. Kamsol, M. M menyerahkan piagam penghargaan Desa Mandiri Terbaik di Balai Pemuda Pulau Gadang Senin (29/8/2022)

Gebrakan UMKM Desa Kreatif Kampar 

Ketua Forum UMKM Kampar, Zulher menyiapkan surat permohonan peminjaman Gedung Pramuka, Gerai Batobo, dan Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut) sesuai arahan PJ Bupati Kampar. Para pelaku UMKM yang dibina oleh BPSILHK Kuok siap hadir dalam pertemuan persiapan pembentukan Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif yang akan dilaksanakan pada sore hari nanti di Pondok Lesehan Bukit Semilir.

Dokpri Defile Bajambau Pelaku UMKM Desa Pulau Gadang di HUT Ke-30 (29/8/2022)
Dokpri Defile Bajambau Pelaku UMKM Desa Pulau Gadang di HUT Ke-30 (29/8/2022)

Sesuai arahan PJ Bupati Kampar, Dr. H  Kamsol,  MM, Yanti KerLiP menghubungi Bintang untuk menyiapkan website dan aplikasi Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif. Tenaga Ahli Bupati Kampar ini juga mengumpulkan data 18 ribu UMKM  dan produk unggulan UMKM Kampar dari koordinator bidang ekonomi Bappeda Kampar  Edison. 

Frase  "Bangga Mendunia"  yang menjadi  motto UMKM Kampar serta kesempatan luas untuk membangun perekonomian desa dengan pelembagaan Desa Kreatif menjadi gebrakan awal Forum UMKM Kampar.  Perencanaan  Gerai UMKM Desa Kreatif yang melibatkan pentahelix menunjukkan komitmen kuat PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M untuk mendorong kolaborasi dalam meningkatkan ekosistem yang menyejahterakan  masyarakat Kampar terutama di desa. 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan