Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari Nurul Fitry Azizah, Muhammad Zakky Anwar dan Allisa Putri Maryam, aktif menggiatkan Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak dengan menjadi pembina Sigap Kerlip Indonesia, Ketua Umum Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, mencatat kegiatan sehari-hari, dan memimpin Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kemenag Gowa Siap Menggelar Ngopimanis Bareng Guru Modiis

23 Januari 2020   03:14 Diperbarui: 23 Januari 2020   03:39 75 1 1 Mohon Tunggu...
Kemenag Gowa Siap Menggelar Ngopimanis Bareng Guru Modiis
Presentasi SEMARAK untuk Indonesia Maju di Kemenag Gowa

Kolaborasi Sigap Kerlip Indonesia, Sekber SEMARAK,  Keluarga Peduli Pendidikan, Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI di Sulawesi Selatan makin menguat. Hari ini kami menyanggupi untuk  memfasilitasi kegiatan perdana Ngobrol Perihal Iman Islam atau Ngopimanis bareng guru-guru Agama Islam Gowa yang Moderat, Inovatif, Inspiratif, dan Santun atau Modiis. "Sebenarnya kami baru saja melaksanakan pertemuan. Namun, kami ingin menyambut gembira giat SEMARAK, sekolah, madrasah, masjid ramah anak untuk Indonesia Maju khususnya di Kabupaten Gowa, apalagi beberapa kegiatan utamanya meningkatkan kemartabatan kami, guru agama Islam juga terkait pembinaan rohis, "ujar Triana, ASN Kemenag Gowa yang mengurus Pendidikan Agama Islam. Ia langsung meminta nomor kontak saya dan memastikan jadwal Ngopimanis bareng Guru Modiis pada Senin siang di Kemenag Gowa. 

Alhamdulillah berkat kegesitan Bu Adliyah, Kepala Kantor Kemenag Gowa, kami sempat sosialisasikan SEMARAK. "Saya benar-benar tidak menyangka akan diminta menyampaikan maksud kedatangan  kami kepada Bapak/Ibu. Silakan dilanjutkan makan siangnya. Selaku perintis Seknas SEMARAK untuk Indonesia Maju, saya merasa sangat bersyukur dengan sambutan yang menggembirakan ini. Pada tahap awal, kami akan mengajak guru Agama Islam menjadi penggerak Sekolah Ramah Anak dengan membina  rohis di sekolah serta mengajak anak-anak rohis untuk menerima Tantangan Belajar di Luar Kelas dari Sandi Kerlip Institute. Besar harapan kami, perjumpaan Bapak/Ibu Guru Agama Islam dan aktivis rohis dengan masyarakat sekitar sekolah dan tempat tinggal anak akan bermakna dalam upaya penguatan pendidikan karakter nasionalis relijius. Penelusuran sejarah masjid jami yang mempertemukan anak-anak rohis dengan keluarga yang mewakafkan tanahnya untuk masjid serta mencari dan menemukenali keluarga dengan pasangan usia subur sebaya yang menikah pada usia anak diharapkan dapat mengaktifkan Komunitas Literasi Sejarah (Kolase) Bangsa menuju masjid ramah anak. UIN Alaudin Makassar siap membuka Rumah Moderasi Beragama untuk membantu. Fasilitator-fasilitator Sigap Kerlip Indonesia siap untuk mendampingi guru agama Islam melatih anak-anak rohis dengan 10 langkah Cara Asyik Cari Tahu "Menjadi Pelopor Kebaikan" dan Start to Empathy "Kita Masih Punya Mimpi". Kebetulan sekali saat ini Ashoka kembali membuka seleksi bagi para pelajar untuk menjadi Young Change Maker, " ujar saya di hadapan seluruh ASN Kemenag Gowa yang mengikuti pelantikan eselon 3 menjelang zhuhur tadi.

SEMARAK untuk Indonesia Maju adalah inovasi yang tumbuh dan berkembang dari Takalar ke Pinrang, Makasar, Sulawesi Selatan, Pare-Pare, Soppeng, dan Gowa. Tujuan utamanya  untuk mendorong kerjabarengan dalam penguatan pendidikan karakter di keluarga dan masyarakat terintegrasi dengan pencegahan dan penanganan kekerasan, kejahatan seksual dan perilaku salah lainnya pada anak, ektremisme dan intoleransi, NAPZA, stunting, TPPO,  Pernikahan Usia Anak, dan Pengurangan Risiko Bencana.  Saat ini, kami juga tengah menggalang dukungan di tingkat nasional dengan merintis Seknas SEMARAK untuk Indonesia Maju bersama Dirjen PDTU dan PDTT Kemendespdtt, PLT Dirjen Paudikdasmen, DitPSD, PPK Kemendikbud, Ditkskk Madrasah dan PAI Kemenag, SKM Kempppa, Bappenas, BIN, Kemkominfo, Deputi Pencegahan BNPB dan mitra pembangunan nasional.

Sigap Kerlip Indonesia bersama Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan telah menandatangani kesepakatan bersama pada 17 Desember dan terus bergerak sambil menata kelembagaan Sekretariat Bersama SEMARAK Sulawesi Selatan. Kemenag Kabupaten Gowa ternyata tertarik untuk menyelenggarakan Gebyar SEMARAK menyusul Kemenag Pare-Pare yang didukung TP PKK, Disdikbud, Majlis Anak Sholeh, Sigap Kerlip Indonesia, Sekber dan Seknas SEMARAK. 

Kita tunggu ya gebrakan Kemenag Kab Gowa saat menggelar Ngopimanis bareng Guru Modiis bersama pengurus rohis binaan mereka. Semoga bermuara pada penguatan ketahanan masyarakat Sulawesi Selatan terkait deradikalisasi. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x