Mohon tunggu...
Budiyanti
Budiyanti Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang pensiunan guru di Kabupaten Semarang yang gemar menulis dan traveling. Menulis menjadikan hidup lebih bermakna.

Seorang pensiunan guru dan pegiat literasi di Kabupaten Semarang.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Ingin Menjadi Lansia "Smart"

5 November 2023   08:57 Diperbarui: 5 November 2023   09:01 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Hari masih pagi usai menggendong sang Cucu, Bu Dian melangkahkan kaki menuju lapangan sebelah barat. Kali ini ada kegiatan senam yang diadakan oleh  kelompok posyandu lansia Ngudi Mulyo. Bu Dian tetap semangat untuk menyempatkan diri walaupun sibuk menjadi MC ( Momong Cucu)

Sampai di tempat ternyata sudah banyak bapak ibu dengan seragam hijau berjajar di lapangan. Bu Dian pun bergabung dengan mereka untuk melakukan senam.
Bu Dian tetap semangat dan ingin SMART menjalani hidup sebagai lansia setelah pensiun satu setengah tahun lalu.

Bu Dian jadi ingat materi yang disampaikan para  petugas kesehatan dari puskesmas  saat memberi materi pada pertemuan lansia di balai desa  Kaliputih

Nah berdasarkan hasil pertemuan tersebut kita harus menjadi Lansia SMART. Apa itu lansia Smart?

S : Sehat
Kita sebagai lansia harus tetap berjuang  sehat untuk menjalani masa tua. Banyak cara agar sehat. Bisa mulai mengatur pola hidup dengan makan makanan sehat dan berolahraga. Tak lupa sehat rohani juga penting dengan cara mendekatkan diri kepada Allah.

M: Mandiri.
Kita berusaha melakukan kegiatan sehari-hari dengan mandiri. Kita biasakan untuk melakukan aktivitas tanpa pertolongan orang lain. Misalnya mempersiapkan makan sendiri, mandi sendiri, makan sendiri, ke warung sendiri dan lainnya berusaha mandiri.

A: Aktif
Menjadi lansia jangan mager (malas gerak). Kita harus semangat beraktivitas. Kita lakukan sesuai kemampuan. Kita aktif melakukan kegiatan yang disukai, misalnya berkebun, beternak ayam, atau menanam bunga di pekarangan. Aktif mengikuti kegiatan lansia atau mengikuti kegiatan ringan yang tidak menguras tenaga dan pikiran. Semua dilakukan dengan happy.

RT : di sini diartikan produktif ( ini hanya mengikuti arahan dari puskesmas) walaupun sebenarnya RT dipadukan dengan produktif kurang pas)
Menjadi lansia bisa lho produktif untuk menghasilkan produk atau karya. Kita bisa membuat rajutan dari benang, kita yang biasa membuat jajanan bisa diteruskan menjualnya di kampung sendiri. Atau bisa juga berkarya. Contohnya Bu Dian suka menulis. Hal ini dianggap produktif menghasilkan karya walaupun belum sepenuhnya menjadi uang. Jika akhirnya dihargai itu adalah bonus.

Itulah yang dilakukan Bu Dian, tetap berjuang S(sehat), M (mandiri ) melakukan berbagai aktivitas,  A (aktif) menjalankan berbagai kegiatan serta  produktif menulis.

Bu Dian bersyukur bisa menjalani masa pensiun dan menjadi Lansia SMART.  

Ambarawa, 5 Oktober 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun