Mohon tunggu...
Budiyanti
Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru di Kabupaten Semarang yang gemar menulis di usia senja. Menulis adalah jejak hidup. Menulislah agar hidup bermakna.

Guru dan pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ingin Awet Muda? Jadilah Guru

30 November 2022   22:40 Diperbarui: 30 November 2022   23:00 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto diambil dari Id. pngtree.com

Ingin Awet Muda? Jadilah Guru

Saat saya ujian skripsi dulu, seorang dosen bertanya

"Apakah ibu itu muda?"

Sejenak saya berpikir. Mengapa dosen itu bertanya kepada saya seperti itu. Bukankah jelas saya sudah bukan mahasiswa muda. Kuliah S1 setelah sudah guru dan menikah. Entah kenapa saya jawab begini

Menurut usia saya sudah tua Pak. Namun,  saya ingin belajar terus berarti saya masih muda..

"Oke terima kasih," jawab dosen tegas.

Pada kesempatan lain, saya dan suami pergi ke supermarket di kota kami. Kami pun bertemu dengan seseorang. Setelah saling sapa ternyata dia adalah mantan murid. Ia bersama anak dan istrinya. Saya tak menduga kalau mantan murid karena tampak wajahnya seumuran dengan suami.

"Lho Bapak sudah pensiun? Kok masih muda sudah pensiun," Ada rasa heran mengapa kami yang katanya masih muda kok sudah pensiun.

Perkataan seperti itu bukan sekali dua kali. Kami sering dikatakan awet muda. Beberapa teman mengatakan mengapa kami awet muda karena kami bekerja sebagai guru. Kami para guru bekerja dengan hati senang karena bisa berhadapan dengan benda hidup bukan benda mati seperti  bekerja yang diam saja.

Menurut saya benar juga. Kami lebih banyak berinteraksi dengan siswa dengan berbagai rona-rona. Berhadapan dengan siswa itu menjadikan pikiran hidup. Tidak menjadikan pikiran mati. Kita bisa bertukar pikiran sambil mendidik. Lain halnya yang bekerja di tempat yang membutuhkan kita konsentrasi tingkat tinggi. Kalau tidak diimbangi dengan keluar dari tempat kerja bisa stres karena pekerjaan yang menggunung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun