Mohon tunggu...
Budiyanti
Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru di Kabupaten Semarang yang gemar menulis di usia senja. Menulis adalah jejak hidup. Menulislah agar hidup bermakna.

Guru dan pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Gula Darah Anda Tinggi, Jangan Berkecil Hati!

28 September 2022   07:38 Diperbarui: 1 Oktober 2022   13:20 490 40 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi  cek gula darah (SHUTTERSTOCK/Proxima Studio) 

Gula Darah  Anda Tinggi? Jangan Berkecil Hati

Sehat adalah dambaan setiap manusia. Sehat merupakan rejeki tak terhingga dibandingkan dengan harta kekayaan yang dimiliki. 

Oleh karena itu bersyukurlah kala diri kita sehat dengan selalu ingat pada sang Pencipta. Rasa bersyukur bisa diwujudkan dengan ibadah yang lebih tekun.

Biasanya orang sehat jarang sekali ke puskesmas atau ke dokter untuk periksa kesehatan. Kebanyakan kalau ada keluhan baru periksa kesehatan. Jarang sekali periksa kesehatan kala sehat. Benarkah cara ini?

Seperti yang penulis rasakan saat ini. Sebaiknya jangan ditiru karena saya baru periksa kesehatan setelah sekian lama tidak peduli dengan tubuh. 

Sesaat saya sedikit kaget ketika gula darah melebihi batas normal. Segera saya membuka-buka di berbagai artikel tentang gula darah dan cara pengobatannya. 

Dokumentasi pribadi 
Dokumentasi pribadi 

Saya pun merasa tidak berkecil hati. Yang utama tetap berusaha mencari cara pengobatannya baik lewat dokter atau memilih pola makan baru dan sehat. Ini sebuah pilihan.

Sambil menunggu waktu untuk periksa ke dokter, saya mulai menerapkan yang telah saya baca dari berbagai sumber.

Pertama, tidak minum yang manis. Beberapa hari ini saya stop minum manis dan beralih total minum air putih. Saya sediakan botol khusus seperti ini. 

Dengan demikian kita tahu seberapa gelas air putih yang kita konsumsi. Kalau kemarin gelas biasa yang saya beri air hangat, saat ini saya menyediakan botol besar yang berisi dua liter air putih. Saya berusaha menghabiskan dalam waktu sehari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan