Mohon tunggu...
yanti ningrum
yanti ningrum Mohon Tunggu... freelancer

-

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Kenali Dulu Kriteria Bisnis Franchise

6 Agustus 2020   21:19 Diperbarui: 6 Agustus 2020   21:13 19 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali Dulu Kriteria Bisnis Franchise
Sumber : articles.bplans.com

Saat ini banyak orang yang sedang bingung mencari bisnisan. Hal ini disebabkan banyak dari mereka di PHK dari tempat kerja mereka, sehingga hal yang dapat dilakukan saat ini adalah membuka usaha sendiri. Sebab untuk saat-saat seperti sekarang ini, lebih banyak orang yang dikeluarkan dari kerja daripada perusahaan yang membuka lowongan kerja. Jadi, mau tidak mau, banyak orang akan beralih kerja dari seorang karyawan menjadi seorang pengusaha.

Bagi mereka yang dulunya sudah pernah mempunyai usaha, atau bekerja sebagai karyawan namun juga mempunyai kerja sampingan dengan wiraswasta, hal itu akan sangat mudah baginya untuk beralih profesi. Namun bagi seorang karyawan murni, beralih kerja menjadi seorang pengusaha akan sangat sulit sekali. Karena mereka belum tahu apa yang harus dilakukan dulu dana pa-apa yang harus dipersiapkan.

Oleh karena itu, bergabung dengan usaha franchise adalah salah satu jalan keluar yang dapat dilakukan. Dengan franchise, orang tidak perlu lagi melakukan riset dan memikirkan apa-apa yang diperlukan.

Lantas bagaimana kriteria bisnis yang termasuk dalam bisnis franchise ini ? Menurut uangonline, kriteria dari bisnis franchise adalah :

1. Memiliki Ciri Khas

Ada banyak usaha di luar sana, namun jika usaha itu tidak memiliki ciri khas tersendiri, maka akan banyak yang akan menirunya dan akhirnya usaha tersebut tidak lagi dapat bertahan.

Contohnya saja seperti es kepal milo yang beberapa waktu sempat viral, yang dimana-mana banyak membicarakan, namun karena es tersebut mudah dibuat dan bahannya juga dapat diperoleh dengan mudah, maka ada banyak orang yang menirunya untuk digunakan usaha berjualannya. 

Bahkan di tempat tinggal saya saja, tiba-tiba ada beberapa tempat orang berjualan es kepal milo. Parahnya lagi, teman saya buat es kepal sendiri untuk dinikmati sendiri. Nah, karena saking mudahnya, maka orang bahkan tidak lagi membeli es kepal milo, tapi membuatnya sendiri. Memang bukan berarti es kepal milo tidak ada pembelinya, namun akan berkurang dikarenakan orang sudah tidak lagi penasaran, karena sangat mudah dijangkau.

2. Telah terbukti  memberi keuntungan dan memiliki pengalaman setidaknya 5 tahun ,serta memiliki kiat bisnis untuk mengatasi persoalan usaha.

Bisnis franchise tentunya harus yang sudah mempunyai pengalaman selama lebih dari 5 tahun. Karena dengan banyaknya waktu yang telah dilalui, itu membuktikan bahwa bisnis tersebut dapat melewati banyak hal, naik surutnya pembeli. Dan telah mengatasi bagaimana jika kondisi perekonomian tidak stabil juga adanya kemungkinan pembeli sudah bosan dengan produk tersebut. Hal itu dapat dilihat dari waktu yang telah banyak dilaluinya.

3. Mempunyai standar atas penawaran barang atau pelayanan jasa yang dibuat secara tertulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x