Mohon tunggu...
Tekno

Shortcut Ms. Word

19 Oktober 2015   08:27 Diperbarui: 29 Oktober 2015   19:47 0 1 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan teknologi pada era Globalisasi sungguh sangat pesat perkembangannya, tak dapat dipungkiri bahwa teknologi yg canggih timbul karena adanya  globalisasi tersebut. Di kota kota metropolitan bahkan desa terpencilpun pasti sudah tahu mengenai alat canggih yg biasa dipakai untuk mengetik, ya komputer. Seiring berjalannya waktu komputer pun dapat berevolusi menjadi alat ketik canggih yg efektif dan efesien seperti laptop, notebook, dll karena praktis dibawa kemana-mana.

Dalam sebuah komputer keybord merupakan bagian yang sangat penting, banyak beberapa fungsi dari aplikasi di komputer/ laptop yg tidak kita ketahui. Maka dari itu dalam artikel ini saya akan memaparkan salah satu sarana didalam perangkat komputer atau keybord khususnya pada ms. Word.

Tidak banyak orang yang mengetahui apa itu shortcut, berikut adalah pembahasan shortcut pada ms.word       :

Tombol Pintasan/Shortcut  pada keyboard adalah satu tombol fungsi atau kombinasi dari dua tombol atau lebih, ketika tombol tersebut ditekan, maka dapat difungsikan sebagai pintasan cepat yang biasanya menggunakan mouse atau perangkat penunjuk lainnya.

Arti istilah maupun fungsi tombol pintasan keyboard bervariasi tergantung pada produsen software. Tombol Pintas ini biasanya disebut juga "Shortcut keyboard", dapat membuat lebih mudah untuk berinteraksi dengan berbagai program atau software windows, menghemat waktu dan usaha saat menggunakannya.

Menggunakan tombol pintas atau "shortcut" keyboard dapat sangat meningkatkan produktivitas dan membantu tetap fokus. Misalnya, menyoroti teks, kalimat, atau paragraf dengan menekan Ctrl + C pada keyboard bisa jauh lebih cepat daripada menggunakan mouse, namun bisa juga menggunakan kombinasi dari keduanya (keyboard + mouse).

Berikut adalah fungsi tombol pintas (shortcut) keyboard yang paling banyak digunakan pada windows    :

  • Tombol Ctrl + C atau Ctrl + Insert

Kombinasi kedua tombol ini, Ctrl + C atau Ctrl + Insert berfungsi untuk menyalin ("copy") pada teks yang disoroti atau yang dipilih, kemudian dapat disalin di tempat yang lain dengan menekan tombol Ctrl + V. Fungsi ini dapat juga dengan menekan tombol Ctrl + X yang mempunyai fungsi yang sedikit berbeda yaitu memindahkan teks yang disoroti atau dipilih.

  • Tombol Ctrl + V atau Shift + Insert

Tombol Ctrl + V atau Shift + Insert berfungsi untuk menyisipkan ("paste") teks atau objek yang telah disalin sebelumnya dari tombol Ctrl + C atau Ctrl + Insert.

  • Tombol Ctrl + Z dan Ctrl + Y

Tombol Ctrl + Z berfungi untuk membatalkan suatu perubahan ("undo") atau mengembalikan ke kondisi satu langkah sebelumnya dan bisa terus menerus sampai batas tertentu. Sedangkan Ctrl + Y memiliki fungsi kebalikannya, yaitu maju pada kondisi satu langkah ke depan ("redo").

  • Tombol Ctrl + F

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3