Mohon tunggu...
Yani DianAstuti
Yani DianAstuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas pamulang

Mahasiswa universitas pamulang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Disiplin Kunci Menjadi Karyawan yang Baik

6 Desember 2021   11:43 Diperbarui: 6 Desember 2021   11:54 52 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

DISIPLIN KUNCI MENJADI KAYAWAN YANG BAIK

Disiplin Menurut Wahjono (2015,184) Disiplin merupakan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggungjawabnya.

Kunci dari kedisiplinan karyawan dimulai dari dirinya sendiri. Karyawan dapat dikatakn baik yaitu karyawan yang mampu bertanggung jawab dalam penyelesaian tugas yang diberikan oleh atasan dan dalam mengerjakannya tepat waktu. Hal itu merupakan komitmen  yang dilakukan oleh karyawan atas segala sesuatu yang karyawan tersebut kerjakan. Kedisiplinan sangat berpangaruh dalam kegiatan sebuah perusahaan maka pelu sekali seorang karyawan memiliki sikap kedisiplinan yang tinggi guna mencapai tujuan perusahaan.

Jika anda seorang karyawan mempunyai kedisiplinan yang tinggi maka pekerjaan yang anda kerjakan akan terorganisir dengan baik dan mudah dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tentunya disiplin akan berdampak baik terhadap lingkungan perusahaan jika karyawan perusahaan mempunyai kedisiplinan yang baik. Nah bagimana sih caranya membangun disiplin itu? Berikut penulis akan menjelsakan sedikit mengenai pertanyaan tersebut.

Menurut penulis dalam membangun kedisiplinan itu dimulai dari diri sendiri, terdapat 3 yaitu mulai dari diri sendiri,memikirkan apa yang harus diproritaskan dan target. Berikut ini penjelasanya :

  • Memulai dari diri sendiri
  • Untuk mempunyai kediplinan yang baik dilingkungan pekerjaan tentunya dimulai dari diri sendiri. Bagaimana caranya? Dengan membiasakan hidup disiplin, hidup disiplin seperti apa? Misalnya dalam menjaga kesehatan tubuh kita harus hidup sehat dengan cara mengatur pola makan, menjaga kestabilan jam tidur dan berolahraga. Maka hal tersebut jika dilakukan dengan baik perlahan-lahan akan timbul rasa disiplin dalam segala kondisi dan menjadi hal yang baik untuk seorang karyawan yang mampu menciptakan disiplin bagi dirinya.
  • Memikirkan apa yang harus diproritaskan
  • Karena dalam menciptakan kedisiplinan itu tidak mudah, maka seorang karyawan perlu memulainya dengan cara membuat to do list setiap apa yang mereka kerjakan. Menurut penulis cara ini dapat efektif dan efisien untuk menyelesaikan tugas karyawan yang begitu banyak karena saat seorang karyawan membuat list apa saja yang harus dikerjakan dahulu akan membuat pekerjaan terorganisir dengan baik dan seorang karyawan bekerja semakin produktif. Hal yang perlu diperhatikan jika kamu merasakan malas atau pun bosan dalam pekerjaanmu, beristirahat lah sejenak hingga terasa rileks kembali dan bersemangat kerja kembali
  • Target
  • Dalam memulai aktivtas seorang karyawan harus menentukan terlebih dahulu target yang akan dicapai. Pekerjaan yang dibuat oleh atasan untuk karyawan tentunya memiliki target dan tujuan. Maka seorang karyawan pun perlu memikirkan target yang harus dicapai di 3/5 tahun kedepan. Dengan cara tersebut, maka kamu akan termotivasi dan lebih memaksimalkan pekerjaanmu demi mencapai target yang kmu ingikan.

Kesimpulan yang penulis ambi yaitu bahwa kedisiplinan itu dimulai dari diri sendiri karena sikap disiplin itu timbul karena terbiasa. Maka seorang karyawan harus menciptakan kedisiplinan dikehidupan sehari-hari. Kedisiplinan itu dapat termotivasi jika karyawan tersebut, mempunyai target kedepannya sehingga mereka tau prioritas yang harus karyawan kerjakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan