Mohon tunggu...
Andri Yana
Andri Yana Mohon Tunggu... Praktisi HR, Pelatih PBK, Asessor

Seorang Ibu dari 3 Anak yang ingin berbagi untuk negeri

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Sukses Anak Mondok di Pesantren

19 Oktober 2020   15:03 Diperbarui: 19 Oktober 2020   15:08 157 5 1 Mohon Tunggu...

Hari ini di tiga minggu sudah anak ke dua saya masuk asrama ke Pondok Pesantren As-Syifa Wanareja Subang, setelah berkali-kali jadwal sekolah diundur dikarenakan pandemi belum berakhir...Oh corona..kapan kah engkah berlalu....

Sejuta rasa rindu masih menggelayuti di hati, bagaimana anak ku disana ya rob... kuatkan hati bunda yaa allah... Anak sih happy belajar, bermain bersama teman-teman di asrama, namun bunda harus kuat-kuat menjaga hati... iya.., hati ini masih belajar untuk iklas..karena ilmu ikhlas adalah ilmu yang paling tinggi tingkatannya.... Bila ingat si bujang selalu rasa di hati..khawatir, rindu, hingga berderai air mata...

Namun, bunda harus kuat hatinya, ini semua demi masa depan Nanda sebagai bekal di kemudian hari. Seribu satu kegelisahan Bunda apabila ananda mondok, anak ku bisa bangun pagi tidak?, apakah makannya berkecukupan?, apakah ananda bisa mandiri, mencuci pakaian, mencuci piring, serta rapi-rapi pakaian sendiri?...Bagaimana kalau ananda tidak mampu menjalaninya?, yaa allah..kuatkan lah hati bunda.

Insha allah ini adalah kali ke-dua anak saya masuk Ponpes As-Syifa Wanareja di Subang, saya akan cerita dan sekadar bagi tips bagi bunda-bunda yang hati nya masih penuh akan keraguan untuk memilih sekolah asrama khususnya pondok pesantren dimana pun berada.

Berikut tips dan trip persiapan agar ananda siap lahir dan bathin menjalani dunia asrama di pesantren, dan bunda juga tenang di rumah.

1.  Persiapan Bathin Ananda untuk sekolah di Pon-Pes

Persiapan bathin ananda sangat penting, mulailah dari Masa Kelas 4 SD, sekali-sekali ajaklah ananda untuk berkunjung ke ponpes-ponpes di sekitar kita, sampaikan kelebihan-kelebihan di setiap ponpes yang di kunjungi, berikan masukan-masukan membangun buat ananda, bahwa kemandirian adalah bekal yang paling mahal yang dapat dipersembahkan bunda untuk ananda nya dikemudian hari. 

Tanamkan pemdidikan agama sedini mungkin kepada anak kita, biasakan puasa senin kamis, biasakan murojaah juzz 30 , daan pembacaan doa serta zikir pagi dan petang agar anak kita punya bekal di pondok, untuk anak yang telah sekolah di SD Islam Terpadu mungkin sudah ada bekal sedikit, namun untuk SD Negeri diharapkan dibantu oneh bundanya untuk hafalan, murojaah dan pembiasaan lainnya.

Anak kita adalah hasil karya kita, anak boleh memilih namun kita sebagai orang tua wajib mengarahkan ananda kita untuk mendapatkan ilmu sesuai dengan ajaran agama serta kepercayaan kita.

2. Pendidikan Ahlak (Adab) lebih utama daripada Ilmu

Di Pondok, tentunya jadwal ananda sangat padat, dimulai Jam 03.00 pagi sampai jam 22.00 malam. Siapkan fisik ananda dengan baik, berikan tambahan multivitamin bila perlu. Nasihati ananda untuk dapat menjaga waktu istirahat dengan sebaik mungkin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN