Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... .

.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Siap Tak Siap Mesti 5G

27 November 2020   15:09 Diperbarui: 27 November 2020   20:45 3504 65 24 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siap Tak Siap Mesti 5G
Base station 5G milik Tiongkok di Gunung Everest berada di ketinggian 6500 mdpl. Foto: huawei.com

Negara kita sedang mempersiapkan jaringan 5G dengan membuka lelang frekuensi 2,3 GHz yang dimulai pada 20 November 2020 lalu dan telah ditawarkan pada operator seluler.

Mengapa Indonesia butuh 5G disaat jaringan 3G saja lemotnya minta ampun dan harus naik pohon untuk dapat sinyal?

Untuk saat ini memang belum butuh, buat apalah internet kencang kalau beli kuotanya kembang-kempis. Hemm~.

Belum perlunya kita menggunakan 5G mungkin mirip seperti Malaysia yang menunda peluncuran 5G dari rencana awal pada kuartal ketiga 2020 ke akhir tahun 2022.

Saya kutip dari nikkei.com, Malaysia ingin lebih dulu fokus pada pemerataan jaringan 4G di negaranya. Setelah semua pedesaan terjangkau oleh internet cepat 4G baru mereka akan meluncurkan 5G dan sepenuhnya mematikan 2G dan 3G.

Tapi Malaysia itu MENUNDA. Artinya regulasi dan infrastruktur mereka sudah siap, tinggal jalan saja. Sedangkan Indonesia BARU MULAI, yang berarti semuanya masih dalam persiapan.

Bukan hanya dari Malaysia, negeri Pancasila ini juga kalah cepat dari Filipina. 

Filipina adalah negara pertama di ASEAN yang mengkomersialkan jaringan 5G pada 2019 tetapi hanya khusus untuk layanan broadband di rumah dan kantor. Layanan seluler 5G sampai saat ini di Filipina baru menjangkau 17 kota. Tujuh belas kota sebenarnya sudah bagus, ya.

Sedangkan negara ASEAN yang benar-benar pertama kali meluncurkan 5G secara keseluruhan adalah Thailand, pada Mei 2020 lalu.

Bagaimana dengan Singapura? Negeri berlambang singa itu sudah menggunakan 5G tapi masih untuk kalangan terbatas. 

Ketertinggalan Singapura ini agak mengejutkan karena negara ini, beberapa tahun lalu, diprediksi sebagai negara pertama di ASEAN yang bakal mengedarkan 5G untuk warga negaranya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x