Mohon tunggu...
Yan veraosmana
Yan veraosmana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Glang-Glong Swasta

Praktisi Ngerokok lan Ngopi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mudah Diucapkan Sulit Dilakukan

6 Desember 2022   20:49 Diperbarui: 6 Desember 2022   21:04 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ikhlas Dan Sabar

Mudah Diucapkan Sulit Dilakukan


Sabar dan ikhlas, memang sangat mudah diucapkan setiap orang. Bahkan aku pun, sering mengucapkan itu. Karena setiap hari, aku selalu mengajarkan kalimat tersebut terhadap anak-anak ku.

Memang nyatanya terlalu sulit melakukanya. Meskipun aku dan anak-anak ku, setiap hari terus mencoba dan melakukannya. Dan hingga kini, kami selalu belajar di setiap saat dan setiap waktu, tanpa mengenal kata lelah.

Contohnya, aku selalu mencoba untuk tetap tersenyum, disaat segala cobaan dan ujian datang bertubi-tubi menerjangku. Dan aku selalu berusaha untuk tetap kuat, meskipun tanpa pegangan dan sandaran. 

Aku pun mencoba terus semangat untuk ikhlas tanpa mengeluh. Sambil terus belajar bangkit walau tertatih. Dan tetap bersyukur dalam menjalani kehidupan ku.

Jujur aku tak bisa berbuat ikhlas dan sabar. Karena itu merupakan ilmu tingkat tinggi. Dan orang semacam diriku jelas tak mampu mengamalkanya. Hanya orang berhati bersih saja, yang bisa memiliki ilmu ikhlas dan sabar tersebut. Lantaran orang-orang itu sendiri, sudah memasrahkan hidupnya kepada tuhan yang maha esa.

Meskipun begitu, aku tetap terus belajar menjadi orang yang sangat sabar dan ikhlas. Apapun penilainya, aku pun tak begitu menghiraukanya. Sebab, aku tengah belajar menjadi orang sabar dan ikhlas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun