Mohon tunggu...
Yan veraosmana
Yan veraosmana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Glang-Glong Swasta

Praktisi Ngerokok lan Ngopi

Selanjutnya

Tutup

Politik

Yang Bekerja untuk Rakyat dan Selalu Memikirkan Rakyat

1 Desember 2022   17:31 Diperbarui: 1 Desember 2022   19:16 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Memikirkan Nasib Rakyat

Kancah perpolitikan bangsa Indonesia dan jagat dunia maya, belakangan ini, memang tengah dihebohkan dengan pernyataan dari Presiden Joko Widodo, soal siapa yang dianggap layak menjadi penerusnya nanti. Yang  mana dihadapan ratusan ribu relawanya, Jokowi berujar pemimpin yang selalu memikirkan rakyatnya hingga rambutnya putih dan sampai wajah penuh kerutan.

Munurut ku sebagai rakyat kecil, pernyataan tersebut biasa saja dan wajar. Karena beliau hanya menggambarkan memilih pemimpin yang benar-benar bekerja untuk rakyatnya. Dan Jokowi tidak menyebut nama tokoh ataupun nama salah seorang calon Presiden nanti pada Pilpres 2024.

Kalaupun sebagian pengamat politik dan para politikus maupun para relawan calon-calon Presiden. Memaknai pernyataan itu sendiri multitafsir, ya sah-sah saja. Bahkan kalau pun ada yang menyimpulkan, itu adalah kode keras, bahwa itu, untuk mendukung Ganjar Pranowo jadi Calon Presiden. Ya wajar saja, dan aku ataupun lainya, tak berhak melarangnya. 

Karena semua itu kan, pendapat tiap-tiap orang. Dan mereka juga, mungkin menyangkutkan pada kriteria-kriteria yang disampaikan Jokowi soal karakter pemimpin tersebut, cocok dengan Ganjar.

Dan Ganjar Pranowo yang sekarang tengah mejabat sebagai Gubernur Jawa Tengah itu sendiri,  rambutnya memang putih. Wajahnya juga penuh kerutan, mungkin akibat terlalu banyak memikirkan kondisi rakyatnya, bahkan Ganjar pun, suka turun ke bawah, mendengarkan langsung keluhan dari para rakyat.

Terlebih lagi, elektabilitas Ganjar selalu merajai poling-poling dari beberapa pihak. Sebagai rakyat, aku sih santai saja. Siapapun Presidenya nanti. Yang penting harus melanjutkan semua pembangunan yang tengah dilaksanakan, terus harus mensejahterakan para rakyatnya, tanpa pandang bulu. 

Dan wajib menyelesaikan pelbagai permasalahan yang ada. Serta menegakan keadilan sosial, memberantas korupsi, menegakan hukum, agar tidak tumpul keatas tajam kebawah. Dan mau mengerti, bahwa negara demokrasi, selalu mengedepankan suara rakyat, kepentingan rakyat. Bukan kepentingan partai politik tertentu dalam hal ini yang mendukungnya, serta kroni-kroninya saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun