Balap Pilihan

MotoGP Valencia 2018, Dovi Menangkan Balapan Hujan

19 November 2018   16:39 Diperbarui: 19 November 2018   16:45 1102 6 3
MotoGP Valencia 2018, Dovi Menangkan Balapan Hujan
Podium MotoGP Valencia 2018, sumber : http://tmcblog.com/wp-content/uploads/2018/11/Podium-Valencia.jpg

Hujan turun sering menimbulkan genangan dan kenangan. Itulah yang terjadi ketika hujan kemudian menerpa sirkuit Ricardo Tormo yang menjadi tempat perhelatan GP Valencia 2018. Di beberapa bagian dari sirkuit, cipratan air terlihat jelas ketika ban motor pembalap melindas genangan air tersebut.

Hujan yang turun juga membawa kenangan bagi beberapa pembalap. Sang legenda, Dani Pedrosa akan mengakhiri kiprahnya sebagai pembalap MotoGP di sirkuit kebanggaan negaranya ini. Inilah akhir perjalanan sang legenda bertubuh mungil ini. Tetesan air hujan bercampur keringat kemudian mampu menutupi air mata yang tertumpah di wajah imutnya itu. Adios Pedrosa...

Bagi Lorenzo dan Iannone hujan yang membasahi sirkuit Ricardo Tormo ini juga membawa kenangan sentimentil. Musim depan Lorenzo meninggalkan Ducati untuk hijrah ke tim Honda. Sementara itu, tim yang sedang naik daun, Suzuki Ecstar resmi "menjatuhkan talak tiga" kepada Iannone sejak berakhirnya musim ini. Iannone diputus ketika sedang sayang-sayangnya... Sayup-sayup terdengar lirik lagu Alamat Palsu Ayu Ting Ting, "kemana kemana kemana..."

Itulah sebabnya penyanyi lawas, Demis Roussos kemudian menggubah lagu Rain and Tears. Dalam lirik lagunyanya itu Demis seolah-olah berkata, "ketika engkau menangis pada saat hujan turun, engkau akan bisa berpura-pura kalau itu bukan air matamu melainkan air hujan..."

Tetapi bukan Pedrosa, Lorenzo dan Iannone saja yang menangis. Sang juara Andrea dovizioso juga turut menangis. Tak banyak yang tahu kalau air mata Dovi kemudian tersamar oleh air hujan! Genangan air di sirkuit itu kemudian membuka kenangan tahun lalu. Seandainya ya seandainya race hari ini adalah tahun lalu, maka ceritanya akan berbeda!

Tahun lalu di tempat yang sama Dovi crash dan Marquez podium tiga. Hal itu membuat Marquez kemudian menjadi juara dunia 2017. Kalau situasinya seperti saat ini, dimana Marquez crash dan Dovi podium satu, maka Dovi lah yang akan menjadi juara dunia 2017! Duh kasihan Dovi...

***

Jalannya balapan

Race Director memutuskan balapan akan berlangsung dalam mode Wet Race. Grid terdepan diisi oleh Vinales, Rins dan Dovi. Sementara itu Marquez yang sempat terjatuh dalam sesi latihan bebas sebelumnya berada di posisi 5. Nasib sial menimpa sang legenda, Rossi yang kemudian terpuruk di posisi 16!

Start dilakukan dan Alex Rins langsung ngacir memimpin balapan diikuti oleh Vinales, Dovi, Pol Espargaro dan Marquez. Menjelang akhir putaran pertama, Dovi kemudian berhasil melewati Vinales. Sementara itu Vale berhasil merangsek ke posisi 10!

Lap ke-2. Marquez berhasil melewati Pol Espargaro, tetapi kemudian disalip lagi. Vale terus memperbaiki posisi dan kini sudah berada di posisi ke-7!

Lap ke-3. Pol Espargaro berhasil melewati Vinales untuk kemudian berada di Posisi 3. Tak lama kemudian Marquez juga berhasil melewati Vinales yang tampak kepayahan. Sementara itu Rins semakin menjauh di depan.

Lap ke-5. Rins tampak menggila dan memimpin 4 detik di depan Dovi dan kemudian Marquez. Tak ada yang tahu bagaimana mungkin bisa Rins "segila itu." Sementara itu posisi Vinales semakin merosot dan kini berada di belakang Vale.

Lap ke-7. Sirkuit licin kemudian menjadi kuburan bagi banyak pembalap. Miller, Petrucci, Pol Espargaro dan Marquez kemudian crash! Namun Pol Espargaro masih bisa meneruskan lomba. Rins dan Dovi masih menjadi pembalap terdepan, diikuti oleh Vale, Vinales dan Iannone untuk melengkapi lima besar.

Marquez crash, sumber : TOPSKOR
Marquez crash, sumber : TOPSKOR
Lap ke-10. Rins masih memimpin tetapi mulai terlihat kepayahan. Dibelakangnya ada Dovi dan Vale dengan jarak yang semakin dekat. Tak lama kemudian Iannone crash disebuah tikungan!

Lap ke-13. Dovi dan Vale semakin mendekat ke Rins dan sewaktu-waktu bisa menyerangnya. Tak lama kemudian Morbidelli dan Vinales crash! Dengan jatuhnya Vinales, maka Vale kemudian berhasil mengamankan posisi ketiga kejuaraan dunia MotoGP dari incaran Vinales!

Lap ke-14. Dovi dan Vale berhasil melewati Rins yang tampak melebar. Tiba-tiba Dovi mengendurkan gas dan mengangkat tangannya. Red flag dikibarkan! Balapan akan di-restart dengan grid sesuai urutan pembalap di lap ke-13. Balapan tidak dihentikan karena tiga per empat dari jumlah putaran balapan belum terpenuhi.

Sebelumnya Bradley Smith crash ketika hujan turun semakin deras.

Posisi pembalap di lap ke-13 adalah sebagai berikut, Rins, Dovi, Vale, Pedrosa, Zarko, Nakagami, Bautista, Pol Espargaro, Scott Redding, Hafiz Syahrin, Lorenzo, Bradl, Pirro, Abraham dan Jordi Torres.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2