Mohon tunggu...
Balap Pilihan

Vinales Juara MotoGP Philips Island 2018

29 Oktober 2018   00:50 Diperbarui: 29 Oktober 2018   01:10 0 3 1 Mohon Tunggu...
Vinales Juara MotoGP Philips Island 2018
Vinales juarai seri MotoGP Australia 2018, sumber : Tribunnews.com

Setelah cukup lama berpuasa, Maverick Vinales dan tim garpu tala, Yamaha akhirnya "berbuka puasa" di Sirkuit Philips Island pada perhelatan MotoGP Australia 2018 Ahad tadi. Kali terakhir Vinales menjadi juara adalah pada MotoGP Belanda 2017. Sedangkan bagi Yamaha sendiri, kemenangan ini menghentikan catatan berpuasa gelar setelah melewati 25 seri MotoGP!

Kemenangan Vinales ini memang tak lepas dari "kebaikan dewi fortuna yang tergiur dengan ketampanan pembalap Yamaha tersebut." Sebelumnya Johann Zarko menghajar bokong Marquez menjelang T1 (Tikungan 1) dengan kecepatan 297 km/jam. Akibatnya Zarko terhempas dengan kecepatan 159 km/jam menyusuri gravel! Untunglah Zarko dalam keadaan sehat walafiat adanya...

Namun akibatnya, Zarko dan Marquez harus menyudahi balapan mereka. Otomatis posisi Vinales juga merangkak naik. Keberuntungan Vinales ini juga tak lepas dari nasib sial para pembalap lainnya.  Cal Crutchlow tidak kelihatan batang hidungnya. Dani Pedrosa juga retired. Ini memang bukan weekend-nya Dovizioso ketika dia start dari posisi 9, yang merupakan start terburuk Dovi pada tahun ini.

Jadi selain Dovi, praktis saingan Vinales adalah "saudara tua," Valentino Rossi dan duo pembalap "nekat" Suzuki, Andrea Iannone dan Alex Rins! Tapi kalau Yamaha bisa sampai kalah dari Suzuki, yah jelas kebangetan... karena minggu depan pasti mereka akan bisa diasapi oleh KTM juga...

Jalannya Balapan

Posisi grid balapan adalah sebagai berikut, Marquez, Vinales, Zarko, Iannone, Rins, Miller, Rossi, Petrucci, Dovizioso, Syahrin, Pol Espargaro dan Bautista untuk melengkapi 12 pembalap terdepan. Sebagai catatan, Marquez akhirnya berhasil menyamai rekor Casey Stoner sebagai pemegang 5 kali pole position di Sirkuit Philips Island ini.

Balapan dimulai dan Marquez sempat keteteran karena start yang kurang mulus. Jack Miller sempat memimpin perlombaan sebelum direbut oleh Dovi dan kemudian oleh Marquez.

Lap ke-2. Marquez memimpin balapan diikuti oleh Dovi (naik 7 step) Iannone, Miller, Rossi (naik 2 step) Zarko, Rins, Espargaro, Vinales (turun 7 step) dan Syahrin. Iannone kemudian berhasi melewati Dovi.

Lap ke-3. Marquez masih memimpin balapan diikuti oleh Dovi yang kemudian berhasil menyalip kembali Iannone. Posisi balapan menjadi Marquez, Dovi, Iannone, Miller, Rossi, Zarko, Rins, Espargaro dan Vinales.

Lap ke-4. Marquez masih memimpin balapan diikuti oleh Dovi. Zarko yang agresif kemudian berhasil menyalip Miller dan Rossi. Posisi klasemen menjadi Marquez, Dovi, Iannone, Zarko, Miller, Rossi.

Lap ke-5. Posisi klasemen terus berganti. Miller yang tadinya sempat mengunci posisi 3, akhirnya dilewati Iannone lewat sisi dalam tikungan. Namun Miller sekali lagi berhasil mengamankan posisi 3 tadi setelah melewati Iannone. Sementara itu Marquez sedikit melebar, untuk kemudian dilewati oleh Dovi, dan bahkan kini oleh Miller!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3