Mohon tunggu...
Bayu Setiawan
Bayu Setiawan Mohon Tunggu... ingin terus belajar

manusia hanya berusaha, Allah yang memenuhi segalanya

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Apa yang Tidak Diketahui oleh Google?

14 Maret 2020   19:44 Diperbarui: 14 Maret 2020   19:45 108 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa yang Tidak Diketahui oleh Google?
logo google - jrni.com

Kita hidup pada jaman di mana informasi dapat diperoleh dengan mudah.  Semua itu berkat teknologi internet. Internet menghubungkan berbagai komputer dan gawai yang terhubung dalam jaringan.

Berbagai informasi dan data bisa dicari di internet.  Mulai dari berita, lagu, video, film, gambar, bahkan tutorial tetang memasak pun ada.  Internet jugalah yang menghadirkan era industri 4.0. Dunia industri dan perdagangan semakin dilancarkan dengan adanya internet.  Toko online bak cendawan di musim hujan, hampir semua barang di jual melalui toko online.

Dunia pendidikan pun tak ketinggalan memanfaatkan internet, khususnya dalam kegiatan belajar mengajar.  Kini sumber materi pelajaran tidak hanya dari buku mata pelajaran, tapi dari internet juga bisa.

Siswa sekolah dasar sudah mendapatkan tugas dari guru untuk mencari informasi atau jawaban yang bersumber dari internet. Sejak kelas 1, bayangkan saja anak usia 7 tahun sudah dituntut kenal internet.  Mau tak mau orang tua yang harus aktif mencarinya, dan mesin pencari google menjadi website yang rutin disambangi.

Googledotcom menjadi pilihan utama karena sudah sangat familiar, ditambah setiap pengguna android otomatis user google.  Cukup mengetik di kolom pencarian hal yang ingin dicari. Misal mencari bagaimana proses metamorfosis hewan, tak berselang lama kita akan disuguhkan daftar website yang memuat informasi berkaitan dengan yang kita tulis di kolom pencarian.  Kita tinggal membuka halaman yang kita inginkan dan jawaban sudah kita peroleh. Sangat mudah dan cepat.

dok-pribadi
dok-pribadi

Atau sahabat Kompasiana ingin tahu tentang kegiatan Mbolang Kombes (Kompasianer Brebes), ketikkan saja Mbolang Kombes maka akan muncul pranala-pranala yang berkaitan dengan Mbolang Kombes.

Selain mengetik, kita juga bisa meminta bantuan Google Assistant untuk mencarikan informasi yang dibutuhkan.  Dengan menyebutkan hal yang ingin dicari maka google assistant akan memberikan beberapa pilihan informasi atau jawaban yang sekiranya sesuai.

Hampir segala hal bisa ditemukan atau didapat melalui internet. Namun kita harus hati-hati dan perlu memilah setiap informasi yang kita temukan, karena sekarang ini tidak sedikit berita bohong atau hoaks yang beredar di internet.

Google sebagai mesin pencari memang sangat mumpuni bahkan ada istilah gugling atau melakukan pencarian melalui google.  apa yang kita cari atau tanyakan bisa ditemukan atau dijawab oleh google. Tapi ada juga yang tidak bisa dicari atau ditemukan oleh google yaitu rezeki, jodoh, dan kematian (maut).

VIDEO PILIHAN