Okky Dinova
Okky Dinova masih nganggur XD

just a simple man with twisted mind XD visit my blog here http://okkydinova.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

[Resensi Game] .hack//G.U Last Recode, Nostalgia Salah Zaman

12 Januari 2018   22:05 Diperbarui: 13 Januari 2018   15:21 352 0 0
[Resensi Game] .hack//G.U Last Recode, Nostalgia Salah Zaman
sumber : xsaid


Prolog

.hack adalah franchise multimedia yang bercerita tentang sebuah dunia game online yang disebut "The World" (info lebih lanjut bisa dibaca di SINI) , dan pada bulan November 2017 franchise ini bangkit kembali dalam bentuk remastered yaitu .hack//G.U Last Recode.Kekuatan terbesar Game ini sendiri ada dari faktor "nostalgia" dimana sebelumnya seri .hack//G.U hanya bisa dimainkan di PS2 saja.

Dengan harga yang cukup mahal (560 ribu) di Steam saat tulisan ini dibuat, tentunya akan ada banyak pertimbangan sebelum anda melirik game ini, terlebih lagi saat ini tema "terjebak di dunia game online" sudah menjadi hal biasa dan didominasi oleh franchise sejenis yaitu Sword Art Online (SAO) yang bisa menarik perhatian hanya dari desain karakter wanitanya saja!!!. Cukup sulit untuk merekomendasikan game ini jika anda sudah "diracuni" oleh SAO.

Tapi jika anda pernah mengenal seri .hack maka Last Recode patut anda mainkan (bahkan WAJIB), apalagi sebenarnya game ini berisi 3 game .hack//G.U sebelumnya + 1 cerita spesial sehingga sebenarnya harga yang diberikan game ini tidak terlalu "mahal".

Gameplay Overview


Gameplay .hack//G.U terbagi menjadi 2 bagian, di dalam dunia The World : R-2 dan di dunia nyata, beberapa hal yang bisa anda lakukan di dunia nyata adalah membaca/membalas e-mail, mengunjungi forum, mendandani desktopdengan musik dan gambar yang bisa didapatkan selama bermain The World, dan bermain permainan kartu "Crimson V.S" yang baru tersedia di Vol 2.

Di dalam The World, pemain dapat berinteraksi dengan pemain "palsu" lainnya, membentuk party dan menjelajahi dungeon yang ada.

Ciri khas .hack adalah pemain menciptakan dungeon dengan menggabungkan 3 kata kunci (Keyword) yang didapatkan dari berbagai sumber (umumnya dari faktor cerita), keyword yang ada dapat menentukan bentuk dungeon dan monster yang akan anda hadapi nanti. Salah satu kelemahan fitur ini adalah tidak adanya cara untuk menyortir (menyusun) keywordini sehingga cukup merepotkan jika anda ingin membuat dungeon dengan keyword spesifik.


(Yep, It Suck....)

Tiap volume game ini memiliki batasan level dengan kelipatan 50, karena dungeon bisa dibuat dari awal game maka pemain dapat "mencurangi" game ini dengan menaikkan lv sebesar mungkin di awal-awal permainan, hal yang mungkin akan pemain pertimbangkan jika ingin menyelesaikan game ini sampai 100%

Battle Systemdalam game ini tampil sederhana dengan format 3 VS 3 (tidak sesulit 4 seri .hack sebelumnya), belum lagi adanya fitur Awakening dan Rengeki yang dapat digunakan untuk menambah damage, tidak ada kesulitan berarti dalam game ini. Pada versi PC Frame Drop akan turun sampai ke angka 15-20 saat melakukan Rengeki (bukan masalah besar juga sih XD). Dan karena sejatinya ini adalah game "online tapi offline" maka akan ada "update" di setiap volume-nya yang akan mempermudah pemain dalam menggunakan senjata lain.


Selain perubahan standar khas remastered dari segi grafik dan fitur yang dipermudah, game ini memiliki "cheat mode" khusus bagi anda yang hanya ingin menikmati cerita dalam game ini saja, mengaktifkan "cheat mode" akan memberi anda lv tertinggi (sesuai batasan volume) dan item yang melimpah. Saya sendiri menyarankan untuk menggunakan Cheat Mode di Vol 1 saja.


(mari menjadi hekel XD)

Tambahan lainnya adalah Terminal Disc (berisi dokumentasi berbagai kejadian sebelum G.U) dan Parody Mode (hanya sekedar dubbingkonyol dari beberapa adegan yang ada).

Menertawakan Logika Yang ada


Jika memakai logika "Zaman Now" (apalagi saya sendiri sudah mengetahui berbagai mekanisme dari game online lain), banyak sekali hal "aneh" yang ada di game ini yang mungkin akan mengerutkan dahi anda seperti :

  • sistem arena yang tidak mengenal Lv alias Lv tinggi bisa membully Lv rendah
  • Pemain Level rendah bisa mengambil Quest Lv tinggi
  • jual beli item antar pemain secara manual (untungnya ada Party yang mau menjual item anda), tidak ada auction house disini
  • para pemakai Avatar yang jelas-jelas terlihat sebagai Cheater tapi malah dipuja-puja sebagai juara Arena
  • Haseo yang menjadi kuat secara Solo (dijelaskan sedikit di anime .hack//Root) tetapi tidak tahu tentang berbagai fitur dasar yang ada di game ini XD
  • Petinggi CC Corps yang jelas-jelas "menutup mata" ketika banyak epmain game ini menjadi koma di dunia nyata -_-
  • harus log out jika ingin membuka e-mailXD

Story Overview

Dunia The World R : 2 didominasi oleh para PK (player Killer) yang membuat game ini tidak sesukses pendahulunya (data game sebelumnya hilang karena perusahaan CC Corps mengalami kebakaran).

Pemain berperan sebagai Haseo, seorang PKK (Player Killer Killer) yang ditakuti para PKK tapi sangat sombong dan seenaknya sendiri, Haseo sendiri sedang mencari Tri-Edge, PK legendaris yang konon dapat membuat orang yang dibunuhnya menjadi koma di dunia nyata. Sayangnya Haseo kalah dengan mudah oleh Tri-Edge dan mengalami "reset" dimana lv Haseo menjadi 1 dan kehilangan semua item miliknya.

Dan disinilah petualangan Haseo dimulai, siapakah Tri-Edge, mengapa ada pemain yang bisa menjadi koma karena game ini, kekuatan "misterius" yang mulai bangkit dari diri Haseo, bisakah mereka yang koma (disebut Lost Ones) kembali pulih di dunia nyata adalah beberapa hal menarik yang akan pemain temui dalam game ini.
Online Jack, "Youtuber" ala .hack


Selain Haseo ternyata ada juga orang yang menyelidiki tentang Lost Ones di dunia nyata (disebut sebagaii Doll Syndrome), orang tersebut adalah Salvador Aihara yang memiliki acara internet populer yang disebut "Online Jack", sifat Aihara yang nyentrik dan genit membuat acara ini menjadi terkenal, untung saja Aihara tidak melakukan prank konyol yang lazim ditemukan di Zaman now ini XD.

Penyelidikan Aihara membawanya ke sebuah sekolah dasar dimana beberapa muridnya menghilang secara misterius, dan siapa sangka "pemimpin"-nya berada dalam The World R:2 yang akan ditemui oleh Haseo, siapakah yang berada di balik semua ini ???

Vol 4 yang biasa-biasa saja



Vol 4//Reconnection mengambil setting 1 tahun setelah kejadian di Vol 3, game The World R : 2 akhirnya akan ditutup dan Haseo (yang sudah tidak pernah login) kembali harus masuk ke dalam dunia game untuk mencari cara membebaskan Ovan yang terperangkap dalam es besar, dalam Vol 4 ini Haseo akan memperoleh form baru yang membuatnya dapat memakai 8 Phases Of Morganna sebagai senjata, sayang sekali Vol 4 tampil singkat sehingga tidak ada waktu untuk bermain-main dengan form baru ini.


(keren sih, sayang begitu singkat untuk dipakai)

Tapi setidaknya di Vol ini Avatar Haseo memiliki bentuk yang tidak kalah keren.


dan sebagai penutup, pada akhir vol ini pemain dapat memilih 2 pilihan, menganggap Ovan sebagai biasa atau sebagai TTM (Teman Tapi Mesra alias bisa diajak menikah) , menikah sendiri adalah fitur yang ada di Vol 3 meskipun hanya sekedar upacara di dermaga saja XD.


(Ups Spoiler XD)
100% Completion Tips


berikut Tips yang bisa digunakan jika anda ingin mendapat semua Steam Achievement dalam game ini.

  • mulai Vol 1 dengan Cheat Mode, imbasnya adalah anda bakal bolak balik untuk menjual item karena adanya batasan inventory
  • gunakan guide untuk mengumpulkan item yang ada di game ini, saya menggunakan guide ini gamefaqs untuk mengecek item yang belum saya miliki, pada akhirnya pemain hanya perlu mengumpulkan sekitar 85% item saja (tapi beberapa memang sulit didapatkan)
  • memakai aksesoris yang meningkatkan drop rate
  • berbagai achievement yang berhubungan dengan battle / arena sebaiknya dilakukan di Vol 3
  • patokan anda mencapai 100% dapat dilihat melalui "Ryu Book" yang ada di Guild Room dan di halaman Steam Achievement
  • beberapa hidden achievement dapat dibuka dengan menonton semua video yang ada di Terminal Disc dan Parody Mode
  • setelah menyelesaikan Vol 4 , bicara lagi dengan Ovan untuk membuka 1 side questyang akan membuka video Parody Mode yang terakhir

Conclusion

Last Recode menjadi ajang Nostalgia TERBAIK bagi yang sudah pernah bermain .hack//G.U tetapi akan dianggap "nyontek SAO" di mata generasi sekarang. Jika anda ingin mengenal lebih jauh franchise.hack maka game ini bisa menjadi media yang tepat.

My Score

85, Come On Come On, I'm Right Here......

temukan review lainnya di SINI