Mohon tunggu...
Wyndo Mitra Buwana
Wyndo Mitra Buwana Mohon Tunggu...

Entrepreneurship, Technology, and Digital Marketing.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Cara Meningkatkan Omset Toko Online Dengan SEO

7 April 2015   14:02 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:25 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cara Meningkatkan Omset Toko Online Dengan SEO
1428390066719333559

Pertumbuhan pasar e-commerce sangatlah pesat, walau perlu kita sadari bahwa pangsa pasar e-commerce saat ini masih berada di tahap awal. Total penjualan online retail di Indonesia hanya berkisar tidak lebih dari 5%, jadi ruang tumbuh pasar ini masih sangatlah besar untuk ke depannya. Jangan khawatir jika anda baru mulai membuka suatu toko baju online, toko sepatu online atau bahkan toko mainan online yang jual action figure, karena ruang anda untuk tumbuh besar masihlah luas selama anda tidak bertarung head to head dengan pemain besar seperti Lazada, Zalora, Berrybenka, Bilna, BliBli, dan masih banyak lagi.

Ada banyak cara dalam meningkatkan omset toko online anda di dunia internet ini, batasannya hanyalah isi otak dan daya kreativitas anda. Berbagai sosial media bisa anda gunakan sebagai sumber kanal penjualan anda, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line, Snapchat, dan Pinterest. Tapi, khusus untuk orang Indonesia, Facebook, Twitter, dan Instagram adalah sosial media yang paling dominan digunakan, ini semua karena total penggunanya di Indonesia sudah banyak sekali. Lebih dari 50 juta orang Indonesia menggunakan Facebook, ini bisa menjadi sumber tambang emas bagi bisnis online anda ke depannya. Tapi perlu anda sadari bahwa setiap sosial media memiliki karakteristiknya masing-masing, jadi anda tidak bisa menyamakan pengguna Twitter dan Facebook sebagai orang yang sama. Cara anda memasarkan produk anda di setiap sosial media haruslah berbeda, anda harus memahami siapa target pasar anda dan apa yang biasa mereka lakukan pada setiap sosial media yang mereka gunakan. Di sini, saya tidak akan membahas mengenai persona dari masing-masing pengguna di berbagai sosial media secara mendetil, tapi saya akan membahas suatu kanal penjualan bisa mendongkrak pertumbuhan bisnis anda secara lebih nyata. Sosial media adalah pelengkap dari senjata yang anda gunakan untuk memenangkan persaingan bisnis online di era internet saat ini. Jadi, jangan hanya mengandalkan sosial media saja untuk berbisnis, milikilah website yang bisa anda gunakan sebagai toko online anda supaya pelanggan lebih percaya pada bisnis yang sedang anda jalani saat ini. Namun, hanya dengan memiliki website saja tidak akan membantu anda memenangkan persaingan pada bisnis online anda karena website yang sepi pengunjung tidak akan menghasilkan anda penjualan apapun. Jadi, bagaimana mendatangkan pengunjung yang sesuai dengan bisnis kita dan mereka mau membeli dari website kita?

1428389821596113251
1428389821596113251
Jawabannya adalah dengan menggunakan SEO atau lebih dikenal dengan Search Engine Optimizatio. Singkatnya, SEO adalah suatu metode atau teknik untuk menempatkan website anda di halaman #1 Google ketika seseorang mengetik keyword atau kata kunci tertentu di Google. Contohnya begini, anggap saja saya memiliki toko mainan online dan saya ingin menargetkan kata kunci "jual mainan" di Google supaya website saya bisa muncul di halaman #1 Google ketika orang mengetik "jual mainan" di Google. Jika website saya masuk halaman #1, otomatis orang akan melihatnya dan mengklik website saya hingga akhirnya mereka menemukan barang yang mereka cari, mengontak saya dan membeli barang yang tersedia di website saya dan akhirnya saya mendapatkan penjualan dengan cara ini. Gimana? Menarik bukan? Inti dari menghasilkan penjualan dari SEO adalah pertama anda harus memahami bisnis anda terlebih dahulu, lalu target pasar anda, dan pikirkan keyword apa yang mereka cari di Google ketika mereka ingin berbelanja ataupun hanya sekedar mencari informasi. Untuk mencari jumlah keyword apa saja yang biasa diketik oleh orang, anda bisa menggunakan Google Keyword Planner, di sana anda bisa mencari keyword apa saja yang populer di Google dan mulailah menargetkan keyword itu di Google. Supaya website anda bisa masuk ke halaman #1 Google, anda harus membuat website anda menjadi penting di mata Google. Jika webiste anda dianggap penting dan relevan dengan bisnis anda, maka Google akan senantiasa meletakkan website anda di halaman #1. Tentu ini akan meningkatkan traffic pada website anda dan semoga berujung dengan penjualan pada toko online anda. Menurut saya, inti dari SEO adalah website yang bagus, optimasi website yang luar biasa, dan backlink. Backlink adalah link yang anda tanamkan di website lain mengarah ke website anda. Saya tidak akan membahas detil pada materi ini karena anda pasti sudah tahu dan bisa mencarinya sendiri di berbagai artikel SEO lainnya. Sekian materi singkat saya untuk meningkatkan omset toko online menggunakan SEO. Terima kasih saya ucapkan kepada tim Kompasiana yang telah memberikan ruang bagi saya untuk berbagi, sampai jumpa di lain kesempatan yaa :)