Mohon tunggu...
Syarif Dhanurendra
Syarif Dhanurendra Mohon Tunggu... pelajar bodoh yang tak kunjung pandai

Direktur Lembaga Pers dan Penerbitan PC IPNU Kabupaten Nganjuk

Selanjutnya

Tutup

Karir

Mahasiswa UM Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Desa Pamotan Kabupaten Malang

5 Juli 2020   11:29 Diperbarui: 5 Juli 2020   11:28 30 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UM Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Desa Pamotan Kabupaten Malang
Dok. Diantika Puji Astuti | Mahasiswa KKN UM Desa Pamotan 2020 | dokpri

MALANG. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) berinisiatif untuk melakukan suatu pencegahan penyebaran covid-19, yaitu dengan melakukan penyemprotan disinfektan di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang (01/07).

Sebelum melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan, mahasiswa KKN UM Desa Pamotan 2020 menyediakan cairan disinfektan sebanyak 96 liter untuk satu kali penyemprotan.

Prioritas utama penyemprotan cairan disinfektan adalah tempat-tempat umum yang sering digunakan oleh warga sekitar seperti gedung sekolah, tempat ibadah, toilet, tempat wisata, dan pos ronda, dimana tempat-tempat tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi untuk penyebaran covid-19.

Di Indonesia, penyebaran covid-19 semakin banyak dan meluas di beberapa daerah. Kasus pasien positif di Indonesia berjumlah 57.770 kasus positif, jumlah pasien sembuh bertambah 789 orang, sehingga pasien yang dinyatakan sembuh berjumlah 25.595 orang.

Sedangkan, korban meninggal akibat covid-19 bertambah sebanyak 58 orang, sehingga total pasien meninggal karena covid-19 berjumlah 2.934 orang.

Hal tersebut mencerminkan bahwa penambahan pasien positif covid-19 terus bertambah dari waktu ke waktu. Hampir seluruh daerah di Indonesia menjadi persebaran covid-19, terutama di Provinsi Jawa Timur.

Jawa Timur menjadi daerah kasus persebaran covid-19 tertinggi di Indonesia, hampir semua daerah di Jawa Timur memiliki resiko tertular covid-19. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terus bertambahnya pasien positif covid-19 di Provinsi Jawa Timur.

Pada tanggal 31 Juni 2020 Kasus positif covid-19 di Provinsi Jawa Timur berjumlah 12.136 orang atau 1,25%.  Dari data kasus covid-19 di Provinsi Jawa Timur, Kota Malang menjadi salah satu kota yang menyumbang kasus covid-19 dengan jumlah kasus positif 212 orang.

Kabupaten Malang memiliki kasus positif dengan jumlah 208 orang. Tentu saja kasus covid-19 di Malang Raya termasuk salah satu daerah dengan penambahan kasus yang signifikan di Provinsi Jawa Timur.

Dengan diadakannya kegiatan penyemprotan desinfektan, diharapkan penyebaran covid-19 dapat berkurang. Dikabarkan, penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UM Desa Pamotan juga sudah diselenggarakan pada tanggal 24-27 Juni 2020.

Pewarta            : Azizah Hermawati dan Muhammad Irsyadul Anam
Fotografer      : Diantika Puji Astuti
Penyunting    : Muhammad Aang Khunaifi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x