Mohon tunggu...
Syarif Dhanurendra
Syarif Dhanurendra Mohon Tunggu... penulis

man jadda wajada!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Festival Anak Sholeh, Upaya Pembentukan Karakter Religius Sejak Dini

17 Juni 2019   20:00 Diperbarui: 18 Juni 2019   18:29 0 1 0 Mohon Tunggu...
Festival Anak Sholeh, Upaya Pembentukan Karakter Religius Sejak Dini
Dok. PDD Mahasiswa KKN UM Desa Salamrojo 2019

Bulan Ramadhan adalah bulan yang disambut kehangatan dan kebahagiaan oleh para muslim di dunia. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang pada saat bulan Ramadhan agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. 

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah mengadakan berbagai macam lomba, seperti lomba mewarnai, adzan, tartil, dan sebagainya. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN UM dengan tujuan mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh anak dan membentuk karakter anak-anak yang beriman dan bertaqwa. 

Pada Hari Minggu (26/05/2019), mahasiswa KKN UM menggelar acara Festival Anak Sholeh bagi anak-anak TK dan SD yang berlangsung di TK Dharma Wanita dan Masjid Baitul Izzah. Lomba-lomba yang diadakan adalah lomba mewarnai bagi anak-anak TK dan lomba adzan serta lomba tartil Al-Qur'an bagi anak-anak SD. Lomba berlangsung pada pukul 09.00 sampai dengan 11.30 WIB. Acara ini diikuti sekitar 46 anak.

Dok. PDD KKN UM Desa Salamrojo 2019
Dok. PDD KKN UM Desa Salamrojo 2019
Berdasarkan hasil wawancara dari penanggung jawab Festival Anak Sholeh, saudari Lenthera Mega, mengatakan bahwa antusiasme peserta sangat tinggi. Hal ini terlihat saat peserta dapat diarahkan dengan baik oleh panitia dan pemberian semangat dari panitia menjadi motivasi peserta untuk menjadi jawara. 

Lomba mewarnai digelar di dua kelas yang dikelompokkan antara tiga anak dari KB,  15 anak dari TK kelompok A, dan 19 anak dari TK kelompok B. Pemenang lomba mewarnai diumumkan pada Hari Selasa (28/05/2019). Penilaian lomba mewarnai ini kerapian dan perpaduan warna.

Sama halnya dengan lomba mewarnai, peserta lomba adzan dan tartil terlihat sangat bersemangat. Lomba adzan dan tartil diikuti oleh anak-anak SD kelas 3, 4, dan 5 sekitar 21 anak. Lomba adzan dilakukan terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan lomba tartil. Juri didatangkan dari saudara teman mahasiswa KKN UM dan mahasiswa KKN UM sendiri. Pemenang kedua lomba diumumkan di hari itu juga.

Dok. PDD KKN UM Desa Salamrojo 2019
Dok. PDD KKN UM Desa Salamrojo 2019
Festival Anak Sholeh mendapatkan apresiasi yang baik dari warga Desa Salamrojo. Dilihat dari antusiasme anak-anak yang mengikuti lomba, diharapkan acara ini dapat berlangsung secara tahunan pada bulan Ramadhan. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengisi waktu luang anak-anak Desa Salamrojo saat liburan sekolah tiba.  

PJ Festival Foto Bersama Juara Lomba Adzan dan Tartil | Dok. PDD Mahasiswa KKN UM Desa Salamrojo 2019
PJ Festival Foto Bersama Juara Lomba Adzan dan Tartil | Dok. PDD Mahasiswa KKN UM Desa Salamrojo 2019
Mengenai pemberian hadiah dari Festival Anak Sholeh ini, pemenang akan mendapatkannya bersamaan dengan penutupan KKN UM pada awal bulan Juli mendatang. (Novia/Syarif)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x