Mohon tunggu...
Wasp Book
Wasp Book Mohon Tunggu... karyawan swasta -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

hamba yang belajar\r\nhttp://www.waspbook.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Wadah Penampung Bakteri Ini Malah Anda Bawa Kemana Mana ?

26 September 2014   07:37 Diperbarui: 17 Juni 2015   23:28 38 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wadah Penampung Bakteri Ini Malah Anda Bawa Kemana Mana ?
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ketika mendengar kata “bakteri” maka asumsi - asumsi yang paling umum dan yang pertama kalimuncul di benak pikiran adalah : “ penyakit, benda kotor, mahluk berbahaya”.

Tidak salah memang, sebab meski ada juga beberapa bakteri yang bermanfaat dan dibutuhkan, hampir sebagian besar dari keluarga bakteri memang lebih banyak berhubungan dengan hal-hal yang negatif dan atau penyakit.

Itulah sebabnya, sedari kecil kita diajari untuk jauh-jauh dari bakteri. Baik itu dengan cara mencuci tangan, kebersihan dan cara hidup hidup sehat, serta dengan beberapa teknik sanitasi khusus lainnya.

Tapi tahukah anda, dengan tanpa anda sadari ternyata anda malah seringkali membawa-bawa wahana penampung bakteri kemana-mana. Bahkan mungkin pada saat ini juga, anda sedang membawanya.

Ada sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti biologi dari Universitas Oregon, Amerika Serikat.

Dari hasil studi yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal ilmiah PeerJ, dinyatakan bahwa HP, ponsel, smartphone, Telepon seluler pintar, tablet dan atau peralatan-peralatan sejenisnya ternyata merupakan menjadi wahana penampung bakteri pemiliknya,

Dalam studi tersebut peneliti mengkaji tentang habitat bakteri di jari-jemari 17 orang. Dan mereka juga mengambil sampel dari perangkat telephone seluler dari ke-17 orang tersebut.

Hasilnya ?

Didapatkan, sebanyak 82% dari tipe bakteri ada pada jari -jemari dan smartphone mereka.

Bakteri-bakteri yang ditemukan tersebut meliputi tiga keluarga bakteri yang biasa ditemukan pada kulit atau mulut manusia, yakni bakteri Streptococcus, Staphylococcus dan Corynebacterium.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x