Mohon tunggu...
Syarifah Lestari
Syarifah Lestari Mohon Tunggu... www.iluvtari.com

iluvtari.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Cara Mudah Mencatat Apapun di HP Tanpa Aplikasi Tambahan

8 Februari 2020   21:06 Diperbarui: 8 Februari 2020   21:25 572 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mudah Mencatat Apapun di HP Tanpa Aplikasi Tambahan
pxhere.com

Dulu, waktu HP belum jadi barang wajib, aku punya buku saku kurang lebih seukuran telapak tangan. Kubuat dari kertas-kertas bekas yang masih bisa ditulis, dijilid manual, buat cover dengan foto pribadi (anak muda emang kelewatan pedenya!)

Buku kecil itu selalu ada di tas atau saku jaket, dibawa ke mana pun. Kalau di jalan tiba-tiba muncul ide, aku akan menepi untuk menuliskan ide itu ke buku saku.

Sedang nyapu rumah tahu-tahu dapat ilham, sapu kutaruh, cari buku ide di jaket atau tas, lalu tulis! Nanti setelah punya cukup waktu untuk duduk dan fokus ngetik, baru deh idenya dikembangkan.

Sekarang pengalaman itu sudah jadi kenangan manis. Ada HP yang bisa menggantikan apa pun. Jam tanganku entah di mana, gak punya jam weker lagi, bahkan gak punya kalender dinding kalau bukan pemberian sponsor, caleg, dsb. Semua fungsi benda-benda itu sudah diambil alih oleh HP, termasuk buku saku kebanggaanku dulu.

Sekarang ada penyimpanan awan. Drive buatan Google, Microsoft, dll, yang bisa menyimpan datamu dalam ruang penyimpanan besar. Gratis dan bisa diakses dari mana pun!

Khusus untuk catat mencatat ide, ada Google Keep, Note, Evernote, dll. Bukan banyak, melainkan buanyak! Tapi kamu juga bisa menyimpan catatan, suara, foto, video, tanpa aplikasi. Jadi gak usah nambah-nambahin sesak HP.

Tak perlu aplikasi, maksudnya gak usah instal aplikasi baru. Pakai yang hampir pasti semua kita sudah punya; Whatsapp! Caranya gampang banget.

Pertama, buat grup. Atau bisa juga manfaatkan grup yang sudah ada. Grup yang kamu adalah adminnya, dan sudah gak aktif lagi.

Kedua, keluarkan seluruh anggota hingga tersisa kamu sendiri.

Ketiga, pin/sematkan grup tersebut sehingga jadi yang paling atas. Caranya klik tahan grup saat di tampilan luar, akan muncul gambar jarum pin, di sebelah pilihan untuk membisukan dan mengarsip. Pilih pin tersebut untuk menyemat grup. Kamu hanya bisa menyemat tiga grup.

Tujuan penyematan agar grup itu muncul pertama setiap kali kamu masuk ke WA. Jadi begitu dapat ide, kamu bisa langsung menemukan grup (yang isinya cuma kamu) untuk menulis kata/kalimat, atau menyimpan tautan untuk bahan tulisan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x