Mohon tunggu...
Stevan Manihuruk
Stevan Manihuruk Mohon Tunggu... ASN

Buruh negara. Sedang berusaha menjadi (pembaca dan penulis) yang baik. Email: stevanmanihuruk@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Blok Rokan Diserahkan ke Pertamina, Pemerintah Luar Biasa

31 Juli 2018   22:23 Diperbarui: 31 Juli 2018   23:01 1173 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Blok Rokan Diserahkan ke Pertamina, Pemerintah Luar Biasa
Ilustrasi (Foto: sindonews.com)

"Kalau betul Blok Rokan bisa kembali ke Ibu Pertiwi, ke Pertamina, ini sebuah terobosan luar biasa. Cuma berani enggak Jonan, berani enggak Pak Jokowi? kalau berani ya luar biasa," tutur Amien Rais di gedung Nusantara V, MPR RI, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Amien menyampaikan hal itu dalam seminar nasional yang digelar oleh perkumpulan bernama Gerakan Rakyat untuk Kedaulatan Blok Rokan (GRKBR). Selain membahas tentang seluk beluk Blok Rokan, acara itu juga diisi dengan penandatangan Petisi Rakyat Untuk Blok Rokan.

Hanya berselang sehari, tantangan Amien Rais langsung menemukan jawaban. Pemerintah akhirnya menyerahkan Blok Rokan ke PT Pertamina (Persero) setelah kontrak berakhir. Blok yang sudah dikelola PT Chevron Pacific Indonesia sejak tahun 8 Agustus 1971 akan berakhir kontraknya tahun 2021.

"Pemerintah lewat Menteri ESDM menetapkan pengelolaan Blok Rokan mulai 2021 selama 20 tahun ke depan akan diberikan pada Pertamina," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Selasa, 31 Juli 2018.

Arcandra menambahkan, keputusan itu diambil karena penawaran Chevron jauh di bawah Pertamina dari segi produksi penerimaan negara dan bonus tanda tangan.

Ladang minyak 

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat dua lapangan minyak raksasa di Blok Rokan, Riau. Kedua lapangan itu adalah Minas dan Duri. Lapangan Minas yang telah memproduksi minyak hingga 4,5 miliar barel minyak sejak mulai berproduksi pada 1970-an adalah lapangan minyak terbesar di Asia Tenggara.

Pada masa jayanya, produksi minyak Lapangan Minas pernah menembus angka 1 juta barel per hari (bph). Sekarang, lapangan tua ini masih bisa menghasilkan minyak sekitar 45.000 bph.

Demikian halnya lapangan Duri, merupakan salah satu lapangan minyak terbesar yang pernah ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Lapangan ini menghasilkan minyak mentah unik yang dikenal dengan nama Duri Crude.

Blok Rokan yang memiliki luas wilayah 6.264 km2 pada 2016 lalu masih mampu menghasilkan minyak hingga 256.000 bph atau hampir sepertiga dari total produksi minyak nasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN