Reformasi 1998 dan perkembangan dunia pertelevisian Indonesia kini semakin marak, media industri televisi mulai bermunculan terbukti dengan kehadiran 19 stasiun televisi di tanah air kita.
Sembilan Belas stasiun televisi itu terdiri dari satu stasiun televisi milik pemerintah yaitu TVRI dan lainnya merupakan stasiun televisi swasta, mulai dari RCTI, SCTV, MNC TV, ANTV, Indosiar, Global TV, Metro TV,I News TV, Daai TV, CTV Banten, Kompas TV,Trans 7, Trans TV, TV ONE, Jak TV, O Channel, NET TV & Elshinta TV.[1] Stasiun Televisi dibagi menjadi 3, Televisi Nasional, Televisi Berjaringan, Televisi Lokal Jakarta. Televisi Nasional sebagai berikut: Rcti, Antv, SCTV, IVM, Mnc TV, Trans 7, Trans TV, GTV, TV ONE, Metro TV, TVRI, Televisi Berjaringan antara lain sebagai berikut Net TV, RTV, Inews TV, Kompas TV,Televisi Lokal Jakarta O-Channel, Elshita TV, Jak TV, KTV,Onther, INTV, Daai TV, CTVB, Tvri 2.
Televisi nasional adalah stasiun televisi siaran gratis di Indonesia yang salurannya dapat ditangkap melalui antena UHF/VHF (terestrial). Televisi Lokal adalah adalah stasiun yang didirikan di lokasi tertentu dengan wilayah jangkauan terbatas dan memiliki studio dan pemancar sendiri dan siarannya Penyiaran, izin penyelenggaran siaran televisi melalui antena UHF/VHF (terestrial) yang dikeluarkannya menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 dan siarannya hanya pada lokal area, televisi lokal tidak bisa mencakup luas hanya di daerah lokal saja.
Sedangkan televisi berjaringan adalah Stasiun jaringan menyiarkan programnya melalui berbagai stasiun lokal yang menjadi afiliasinya yang terdapat diberbagai daerah.
Televisi Berjaringan internet di Era Digitalisasi Media Pertelevisian Indonesia membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia dan juga setiap pengelola stasiun televisi untuk merumuskan strategi jitu untuk menghadapi pesaingnya era digital televisi Indonesia yang dimana gambarnya lebih tajam, suara lebih ok, bisa melalui streaming dan serta lainnya.
Akan tetapi, Masyarakat Indonesia lebih cenderung menggunakan Youtube sebagai sarana dan prasarana dalam menggunakan, memunculkan ide kreatifnya kehidupan sehari-hari melalui jaringan sistem Internet.Â
Melalui Youtube masyarakat dapat memunculkan Ide Kreatif, menjual produk ekonomi kreatif dalam menyosong perekonomian nasional Indonesia juga. Youtube adalah suatu media live streaming yang digunakan oleh banyak orang dan juga sebagai media promosi serta media kreatif yang sering memunculkan sebuah ide baru yang ada di pemikirian masyarakat Indonesia dan dunia itu sendiri.
Pada akhirnya juga sebagian stasiun televisi ada yang menampilkan videonya, gambarnya melalui saluran youtube dan bahkan ada juga melalui saluran internet secara langsung yaitu Televisi kabel Internet biasa yang disebut televisi berjaringan internet yang saluran acara televisinya melalui jaringan koneksi Internet.
Hadirnya televisi berjaringan internet bisa membantu perekonomian nasional Indonesia dalam perkembangan industri kreatif masyarakat Indonesia, buktinya sudah ada dan banyak youtuber asal Indonesia yang menampilkan sebuah ide kreatif yang selalu terbaru, dibuatkan gambar,suara videonya. Salut dengan ide kreatif para youtuber dan lainnya serta juga sebuah tantangan bagi stasiun televisi Indonesia yang dimana juga harus siap menggunakan sistem jaringan koneksi Internet yang dimana Era Digitalisasi Media Pertelevisian Nasional Indonesia sudah masuk di negara kita.
Ayo gunakan media online sebagai memunculkan ide kreatifnya dan berguna bagi orang banyak serta peran televisi berjaringan koneksi internet ini membantu perekonomian nasional Indonesia juga mengurangi angka pengangguran yang ada di seluruh Indonesia.Salurkan ide kreatifmu melalui televisi berjaringan internet youtube dan lainnya.
Penulis
Rd Cahyo Prabowo, M.Ikom