Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo profesional

Broadcast Journalism,Media Industri Komunikasi, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Media Daring dan SDM ERA Digitalisasi Media Indonesia

12 Februari 2019   21:17 Diperbarui: 12 Februari 2019   21:25 24 0 0

Sejak tahun 1998, demokrasi dan reformasi muncul hingga kini di Republik Indonesia, setelah itu, seiring "euforia reformasi", era keterbukaan informasi publik,era digitalisasi media,era demokrasi, era berkomunikasi melalui dalam jaringan koneksi internet yang begitu luas dan beragam informasi yang disampaikan kepada khalayak, beragam pula juga kemunculan media online (daring) hadir ditengah-tengah kita sampai saat ini.  

Media Online adalah suatu media yang dimana media tersebut tersambung dalam koneksi jaringan internet dan bisa dikatakan sebagai media  "Generasi Ketiga" setelah media cetak (printed media) koran, majalah, tabloid, buku, brosur,spanduk dll  dan media elektronik (elektronik media) radio,televisi, dan film/ video, media online seperti Ecommerce, olx.co.id, kompasiana.com,kompas.com,tribunnews.com,detik.com,bukalapak.com, berniaga.com, tokopedia.com, Mandirionline.com, pembayaran gerbang tol digital, Perbankan Digital (Agen Perbankan Digital), amazon.com, google.com, lazada.com,ebay.com, transportasi online seperti Grab CAR, Grab, Gojek, GOCAR Dll serta media sosial.

Media Online (DARING) merupakan produk jurnalistik online atau cyber journalism yang didefinisikan sebagai "Pelaporan Fakta atau peristiwa yang diproduksi dan distribusikan, disampaikan kepada khalayak sebuah informasi, pesan,tulisan serta lainnya melalui saluran media dalam jaringan koneksi internet yang dimana masyarakat era digitalisasi media lebih menyukainya karena lebih efisien, cepat, menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak selalu baru, mudah diaksesnya. 

Dalam perspektif studi media atau komunikasi massa, media online (daring) menjadi obyek kajian teori "media baru (new media) yaitu dengan istilah yang mengacu pada permintaan akses ke konten (isi/informasi) kapan saja, dimana saja, bebas waktunya pada setiap perangkat digital serta umpan balik pengguna interaktif,partisipasi kreatif dan pembentukan komunitas sekitrta konten media, juga aspek generasi "realtime".

Kehadiran media online (dalam jaringan koneksi Internet) tak luput dengan sumber daya manusia, karena sumber daya manusia sebagai operator (operasikan), verifikasi dokumen dan data, menjalankan online tetap menggunakan dan memperkerja sumber daya manusia itu sendiri dalam berbagai sektor yang dimana menggunakan sistem jaringan koneksi Internet di Era Digitalisasi Media di Indonesia.

Media Online / Media Baru (NEW MEDIA) atau biasa disebut dengan media dalam jaringan koneksi Internet (DARING) merunjuk pada perkembangan teknologi digital, namun media online sendiri tidak serta merta berati media digital. Video,teks, gambar,grafik yang diubah menjadi data-data digital bebentuk byte, hanya merunjuk pada sisi teknologi multimedia, salah satu dari tiga unsur dalam new media, selain ciri interaktif dan intertekstual.

Penulis

Cahyo Prabowo, M.Ikom

Media & Komunikasi