Mohon tunggu...
Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo Mohon Tunggu... Enjo, Sederhana, Rendah Hati
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Broadcast Journalism,Komunikasi Industri Media, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia, Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Berpelukan dalam Komunikasi Politik

30 Agustus 2018   22:13 Diperbarui: 31 Agustus 2018   16:24 347 0 0 Mohon Tunggu...

Komunikasi adalah proses interaksi sosial yang digunakan orang untuk menyusun makna yang merupakan citra mereka mengenai dunia (yang berdasarkan itu mereka bertindak) dan untuk bertukar citra itu melalui simbol-simbol atau tanda.

Politik adalah siapa memperoleh apa, kapan, dan bagaimana; pembagian nilai-nilai oleh yang berwenang; kekuasaan dan pemegang kekuasaan; pengaruh; tindakan yang diarahkan untuk mempertahankan dan atau memperluas tindakan lainnya.

Komunikasi Politik adalah suatu proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh orang atau manusia memiliki pengaruh untuk memperebutkan sebuah kursi kekuasaan dan pemegang kekuasaan di suatu organisasi, bangsa dan negaranya.

Begitu pula juga berpelukkan, berpelukkan sebagai tanda pesan, hangat dalam suatu interaksi manusia ke manusia lain dengan suasana cinta, damai,tenang harmonis, hangat pertemuan yang sudah lama.

Dalam hal ini berpelukkan dalam komunikasi politik membawa suasana damai, mempertemukan dua insan menjadi kesatuan, damai dan menyejukkan suasana.

Contohnya Pak Jokowi dan Pak Prabowo berpelukkan dalam acara Pencak Silat Asian Games pada hari Rabu (29/08) Di TMII Jakarta Timur.

Pesan yang disampaikan berpelukan dalam komunikasi adalah membawa suasana menjadi cair, tenang, hangat, menyejukkan suasana dalam melakukan interaksi kedua tokoh tersebut.

Di sinilah pesan berpelukan dalam komunikasi politik. Pesan yang disampaikan oleh Bapak Jokowi dalam interaksi adalah membawa sejuk, tenang, harmonis, penuh cinta, kasih dan damai dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan dari kedua tokoh itu sangatlah bagus, yakni guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang Majemuk, Toleransi Kerukunan Umat Beragama.

Cahyo Prabowo

VIDEO PILIHAN