Mohon tunggu...
Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo Mohon Tunggu... Konsultan - Enjo, Sederhana, Rendah Hati
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Broadcast Journalism,Komunikasi Industri Media, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia, Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Filosofi Minum Kopi dalam Komunikasi dan Bisnis Perusahaan

9 Agustus 2018   07:57 Diperbarui: 9 Agustus 2018   08:46 515
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia adalah negara Hukum, Indonesia berbentuk Republik, Negara Indonesia memiliki 34 Provinsi dari Sabang hingga Merauke. Luas negara Indonesia mencapai 2 Juta Km persegi dari Sabang hingga Merauke dan memiliki 17508 Pulau tersebar di seluruh Indonesia. 

Negara Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetap satu jua), Negara Indonesia memiliki Ideologi yaitu Pancasila, Pancasila sebagai Ideologi pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk dan tidak bisa digantikan dengan apa pun. Negara Indonesia memiliki Undang-Undang Dasar 1945 yang sudah empat kali amandemen dan segera mengalami perubahan amandemen kelima.

Indonesia memiliki beraneka ragaman ras, budaya, agama, kuliner, makanan dan minuman tradisional yang sangat banyak yang menjadikan satu didalam milik Indonesia. 

Salah satu minuman yang dimiliki Indonesia adalah sebuah kopi. Ya, Siapa yang tak tahu dengan kopi, pasti orang Indonesia tiap pagi pasti minumnya minum kopi. Kalau tidak ngopi tidak nikmat, tidak semangat dalam menjalankan aktifitas kehidupan sehari hari.

Kopi di Indonesia sangat banyak dan beraneka ragaman dengan keasliannya yang sangat banyak serta kopi banyak juga yang instan sachet untuk menikmati secangkir gelas tiap pagi.

Betapa nikmatnya minum kopi, akan tetapi minum kopi mempunyai pesan dan filosofi tersendiri dalam melakukan interaksi serta menjalankan bisnis suatu perusahaan bersama klien bisnis perusahaan. Loh mengapa bisa seperti itu? 

Minum kopi bersama klien dalam menjalankan pertemuan bisnis atau apa pun dalam berinteraksi mempunyai maksud dan tujuan supaya dalam berkomunikasinya menjadi hangat, tidak kaku, lebih berwarna dan hidup saat melakukan interaksi, Kebayoran Baru Kamis, (09/08).

Minum Kopi dihidangkan saat panas dan rasanya pahit itu lah filosofi serta ada makna pesan yang disampaikan pada saat melakukan sebuah berinteraksi manusia kemanusia lainnya. Mengapa demikian?

Karena lebih baik Pahit di depan dari pada manis didepan, kalau manis didepan saat minum kopi bersama klien saat interaksi pada akhirnya bisnis pasti akan tersendat, tidak lancar  pada akhirnya tidak jadi dan akhirnya semua menjadi batal.

Dalam hal apa pun kalau sudah ada manis di depan, kalau minum kopi pahit di depan maka lebih baik pahit di depan dahulu supaya rasa manisnya bisa dirasakan di belakangnya, bisnis perusahaan pun menjadi lancar tanpa ada kendala apa pun dan bahkan bisnis perusahaannya pun semakin berkembang secara maju dan pesat.

Inilah sebuah filosofi minum kopi pada saat melakukan sebuah komunikasi dan bisnis perusahaan kepada klien bisnis.

Penulis

Cahyo Prabowo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun